googlesyndication.com

0 Comment
Pekalongan - Bertempat di dukuh sumurwatu Desa Sumurjomblang, Bogo Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan telah berlangsung kegiatanTemu Lapang Varietas Padi Inibrida yg di selenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Prkebunan serta Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Pada hari Senin (21/817).


Hadir dalam kesempatan tersebut antara lain Kepala Balai pengawasan dan sertifikasi benih  Provinsi ( bpsb ) Ir. Eko Partono MM ), Kepala Dpkp, Kepala laboratorium pengamatan hama penyakit kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan  Kab Pkl ( Ir. Siswanto ), PPL Kecamatan Bojong, Muspika kecamatan bojong, babinsa koramil 08 bojong serta unsur terkait di Kecamatan bojong.

Adapun  Jenis varietas padi yang di sosialisasikan untuk di tanam para petani antara lain, Inpari 33, IPB 35, Inpari Sidenuk, Inpari 23, Inpari 20, Inpari Mugibat, Inpari 4, Inpari Unsoed 79 Agritan, Inpari 10 Laela serta Inpari 32 HDB

Dalam sambutanya Kepala Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Provinsi eko partono, menyampaikan bahwa untuk penanganan hama saat ini Memang sulit contoh hama sundeb, dan jenis hama yg lain tetapi dari Pertanian tetap akan mengusahakan obat yang bisa mencegah hama tersebut.

Lebih lanjut eko partono mengatakan bahwa ubinan dalam penanaman jenis inpar 4  7,6 ton, Inpari 32  4,2 ton , Inpari 33   4,1 ton, Inpari Unsoed 6,2 ton , produksi bisa berubah karena di lihat dari pengelolaan para petani.dan dari ke 10 jenis padi ini yang paling bagus adalah Inpari 4 , karena di Indonesia ada lembaga penelitian yg mana  jenis padi Inpari 4 layak di tanam dan hasilnya lebih bagus."jelasnya.


Sementara itu Ir. Siswanto ( kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan kab Pkl ) menyambut baik dari kajian dilapangan bahwa lahan sawah semakin hari semakin kurang, sehingga itu merupakan tantangan kita.Benih yg kita coba silahkan para petani memilih dari jenis 10 jenis varietas padi. Semoga para petani bisa meningkatkan produktifitas dengan hasil yang bagus.Saya berharap petani bisa cermat dg hasil uji coba ini semoga kedepan bisa bermanfaat bagi kita semua."pungkasnya.red**( pendim 0710 pekalongan )

Post a Comment

 
Top