googlesyndication.com

PLN Bergerak Cepat Hadapi Bencana Alam: Tower Emergency Dibangun di Lokasi Longsor SUTT Kalibakal - Bumiayu
Gambar dok PLN 
Pekalongannews,  Banyumas  -  Bencana longsor yang terjadi di daerah Gununglurah, Kecamatan Cilongok, Kab. Banyumas pada Desember lalu menyebabkan infrastruktur kelistrikan yakni Tower 50 SUTT 150 kV Kalibakal – Bumiayu 1 dan 2 terdampak. Merespon kondisi tersebut, PLN gerak cepat menerjunkan Tim Emergency Restoration System (ERS) guna melakukan pengamanan untuk merecovery system kelistrikan pada SUTT Kalibakal – Bumiayu Kamis 25 Januari 2024

“SUTT Kalibakal – Bumiayu berada pada system jalur backbone tengah Pulau Jawa yang mensuplai listrik di Gardu Induk Bumiayu. Recovery dilakukan melalui pengamanan temporer pada tower eksisting dan pendirian tower emergency secara cepat dan tepat untuk meminimalkan dampak kelistrikan,” kata General Manager Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah, Tejo Wihardiyono saat meninjau lokasi tower terdampak.

Pengamanan temporer pada tower eksisting tersebut dilakukan untuk memperkuat pondasi tower T.50 eksisting, antara lain dengan mengisi tanah disekitar kaki tower yang terbawa longsor, memasang cerucuk bambu hingga penambahan skur penguat tower.

Sementara itu, untuk mengoperasikan kembali jalur SUTT 150 kV Kalibakal – Bumiayu, tim PLN mendirikan tower emergency TE 01 dan TE 02 secara parallel. Seluruh tim mengerahkan performa terbaiknya mulai dari proses mobilisasi material tower emergency dari Bandung menuju lokasi tower terdampak, pemindahan konduktor dari tower eksisting ke tower emergency, hingga pemberian tegangan pertama yang menandai beroperasinya kembali SUTT Kalibakal – Bumiayu. Seluruh proses tersebu berhasil diselesaikan dalam waktu 7 hari dengan menerjunkan lebih dari 60 personil gabungan.

“Meski terkendala hujan deras yang turun terus menerus, recovery pada SUTT Kalibakal – Bumiayu ini dapat diselesaikan tepat waktu secara cepat sesuai target, sehingga permasalahan kelistrikan akibat bencana longsor yang berdampak pada jalur tersebut bisa diminimalisir,” terang Manager UPT Purwokerto, Achmad Ridwan.

Dalam upaya percepatan recovery tersebut, PLN juga berkolaborasi dengan stakeholder terkait yakni PT KAI yang turut terdampak longsor, serta polsek dan koramil setempat untuk melakukan pengamanan di sekitar area longsor.


 
Top