googlesyndication.com

5 Comment
Pengaruh Games Terhadap Perkembangan Anak
ilustrasi pengaruh Games pada anak

Pengaruh bermain game terhadap anak sampai sekarang masih di Perdebatan oleh masyarakat baik dampak baiknya maupun dampak buruknya mengenai dampak positif dan negatif dari bermain video game terhadap anak bukanlah hal baru. Tapi tahukah Anda, apa yang terjadi pada otak anak ketika ia bermain game? Berikut hasil penelitian dari National Academy of Sciences, AS, yang dipublikasikan di onlineuniversities.co

  • Permainan game yang mempunyai tindakan aktivitas berulang-ulang di dalam game tersebut dapat memperkuat koneksi sel-sel otak yang mendasari kemampuan mengingat dan belajar anak Permainan yang membutuhkan tindakan nyata dapat mempengaruhi area premotor dan korteks parietal pada otak, yang berfungsi mengontrol gerakan sensorik.
  • Permainan game yang menggunakan logika seperti game minesweeper,Tetris berguna untuk mengubah suasana hati dan berpengaruh pada bagian penting dari lobus frontal serta dapat mengaktifkan area korteks prefrontal yang berguna untuk mengontol anak dalam mengambil sebuah keputusan.
  • Permainan game perang-perangan atau istilahnya game FPS (First Person Shooters) maupun game adventure atau petualangan seperti game Batlefield,Counter strike, call of duty Ketika bermain game semacam ini otak akan menghasilkan dopamin yang terlibat dalam memberi perasaan puas.Segera setelah menembakkan senjata dalam aktifitas game tersebut, akan ada aktivitas yang lebih banyak di daerah dorsal cortex cingulate anterior, yang mengontrol kognisi dan perencanaan, Area rostral anterior cingulate cortex dan amygdala berfungsi untuk menyelesikan konflik di dalam otak si pemain pada saat harus bertahan dari situasi kekerasan. Seperti dalam game perang tersebut.

Perlunya pengawasan orang tua terhadap anak yang bermain games karena Salah satu kenyataan adalah bermain  game itu membuat seseorang merasa bahagia. Namun, hal terpenting adalah mengatur waktu bermain games dengan waktu lainnya misalnya pelajaran sekolah kita sebagai orang tua harus memanage jumlah waktu yang ideal untuk dihabiskan bermain games. Sebab, ada kemungkinan video game bisa menyebabkan anda atau anak anda kecanduan. Anda harus ingat untuk menempatkan batas waktu yang wajar untuk bermain  games, Berikan contoh yang bagus untuk anak-anak anda.

Post a Comment

 
Top