googlesyndication.com

0 Comment

Keterangan Gambar :Anggota Pos Satkamling Perumahan Pesona Griya RT 03/RW 10, Kelurahan Kauman, Kecamatan/Kabupaten Batang. Foto: dok

Pekalongannews, Batang - Pos Satkamling di Perumahan Pesona Griya RT 03/RW 10, Kelurahan Kauman, Kecamatan/Kabupaten Batang berhasil meraih gelar juara dalam lomba tingkat Polres Batang. Penilaian lomba ini berlangsung selama dua hari, dimulai pada tanggal (29 s/d 30/05/2023). Seleksi lomba dilakukan secara online dengan mengirimkan video kegiatan Pos Satkamling yang juga menampilkan jadwal buku jaga.

Dalam video tersebut, ditampilkan pula peralatan yang digunakan oleh Pos Satkamling, seperti senter, kentongan, Apar (Alat Pemadam Api Ringan), kursi roda, televisi, dan lain-lain. Setelah itu, tim juri dari Polres Batang melakukan penilaian verifikasi faktual dengan melakukan peninjauan lapangan kepada tiga nominator juara Pos Satkamling.

"Saat video tersebut kami kirimkan ke Polres, dari 12 peserta lomba Pos Satkamling, pos kami berhasil menjadi juara satu dengan nilai 1.500 poin. Juara kedua diraih oleh Pos Satkamling Desa Sukomangli RT 04 RW 01 Kecamatan Reban dengan nilai 1.330 poin, dan juara ketiga diraih oleh Pos Satkamling Dukuh Adiloko RT 04 RW 01 Desa Rowosari Kecamatan Limpung dengan nilai 705 poin," ungkap Agung Widodo, yang menjabat sebagai Sekretaris Inspektorat Kabupaten Batang, warga Perum Pesona Griya RT 03 RW 010, Kauman, Batang, Jumat (9/6/2023).

Dengan hasil tersebut, Pos Satkamling Perumahan Pesona Griya RT 03/RW 10, Kelurahan Kauman berhak mewakili Polres Batang dalam lomba tingkat Polda Jateng.

"Pengumuman juara tingkat Polda Jateng akan dilakukan pada tanggal 5 Juni, sementara penilaian akan berlangsung pada Senin, 12 Juni 2023," kata Agung Widodo.

Dalam hal sosial, Perum Pesona Griya RT 03 RW 10 Kauman Batang memiliki kebijakan khusus mengenai dana kematian untuk membantu meringankan beban keluarga yang berduka.

"Apabila ada warga yang meninggal dunia, pengurus RT akan menyebarkan kartu Pakem ke warga. Setelah terkumpul, uang dari kas RT akan ditambahkan sebagai dana kematian. Sehingga total bantuan tersebut mencapai Rp 2 juta. Uang tersebut digunakan untuk biaya pemakaman dan keperluan lainnya," ungkap Agung Widodo.

Selain itu, Kampung RT 03 RW 10 Perum Pesona Griya juga dilengkapi dengan 10 unit kamera pemantau jalan atau CCTV yang dapat diakses oleh seluruh warga. Tidak hanya meraih juara dalam Pos Satkamling tingkat Polres Batang, Perumahan Pesona Griya Batang juga dianugerahi gelar Kampung Pancasila oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Batang.

"Kampung Pancasila ini telah dianugerahkan tahun lalu dalam acara yang dihadiri oleh Bupati Batang, Dandim 0736, dan Kapolres Batang. Penobatan Kampung Pancasila ini merupakan bentuk nyata toleransi yang ada di Kabupaten Batang, di mana pemeluk agama Islam dan Kristen dapat hidup harmonis dan saling toleransi di dalam kampung kita," tukas Agung Widodo.

Post a Comment

 
Top