googlesyndication.com

0 Comment

Keterangan Foto : Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo (kanan) dan Komisaris Utama PLN, Amien Sunaryadi (kiri) saat menghadirI RUPS PLN, Rabu (7/6)

Pekalongannews, Jakarta - PT PLN (Persero) terus meningkatkan kontribusinya terhadap pendapatan negara melalui setoran dividen dan pajak perusahaan. Berdasarkan hasil keputusan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PLN di Kantor Kementerian BUMN, Rabu (7/6) disepakati setoran dividen PLN kepada negara sebesar Rp2,19 triliun, meningkat sebesar 191,7% dari Rp750 miliar di tahun 2021. Kontribusi PLN terhadap negara tak hanya lewat dividen tetapi juga setoran pajak hingga Rp35,33 triliun atau meningkat sebesar 13,1% dibandingkan tahun 2021.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menyatakan bahwa PLN, sebagai perusahaan BUMN, berkomitmen untuk terus berkontribusi lebih kepada negara dan masyarakat, khususnya melalui peningkatan kinerja keuangan. Pada laporan keuangan tahun 2022, PLN berhasil mencatatkan kinerja keuangan terbaik sepanjang sejarah perusahaan dengan laba bersih mencapai Rp14,44 triliun.

"Dibalik pencapaian kinerja keuangan yang kami raih, transformasi yang dilakukan oleh perusahaan menjadi kunci untuk melewati masa-masa sulit. Meskipun menghadapi kerugian kurs sebesar hampir 20 triliun, kami tetap berhasil meningkatkan penerimaan laba sebesar 124% dari target," ujar Darmawan, Kamis (8/6/2023).
Keterangan Foto : Gedung kantor PLN Kantor Pusat
Menurut Darmawan, faktor utama peningkatan laba bersih PLN adalah kenaikan penjualan listrik sebesar 6,3% atau total 273,8 Terawatt hour (TWh), yang berdampak pada peningkatan pendapatan penjualan listrik sebesar 7,7% dari Rp288,8 triliun pada tahun 2021 menjadi Rp311,1 triliun pada tahun 2022.

Peningkatan penjualan listrik ini didominasi oleh sektor industri dengan kenaikan konsumsi listrik sebesar 24,54%, diikuti oleh sektor bisnis dengan kenaikan sebesar 22,47%.

"Ini merupakan bukti bahwa PLN merupakan jantung perekonomian Indonesia. Kami selalu siap menyediakan pasokan listrik yang handal untuk mendukung produktivitas pelanggan," tambah Darmawan.

Keterangan Foto :Pelanggan besar PLN dari sektor industri, pengolahan mineral di Bantaeng, Sulawesi Selatan

Darmawan menyatakan bahwa peningkatan kinerja PLN ini akan memberikan efek berantai. Selain mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat, hal ini juga akan memberikan kontribusi perusahaan kepada negara.

"Kami optimis dapat melanjutkan kinerja terbaik pada tahun ini dan tahun-tahun berikutnya. PLN akan berusaha untuk mengoptimalkan operasional dan kinerja keuangan agar dapat memberikan kontribusi yang lebih besar lagi kepada negara," tutup Darmawan.



Post a Comment

 
Top