0 Comment
tips cegah kejahatan cyber yang dapat dilakukan
Seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi Pelaku kejahatan di dunia maya (Cyber Crime) selalu mengincar banyak calon korbannya. Walaupun kelihatannya aman,tetapi terdapat banyak pola yang dilakukan oleh para pelaku cybercrime yang mengintai tidak mengenal batas dan waktu.

Di seluruh belahan dunia, terdapat 10 sampai 15 kasus cyber crime setiap detiknya. ini hal yang perlu diperhatikan terlebih jika itu terjadi pada diri sendiri dan pelaku mencuri data atau aset penting untuk disalah gunakan.

Berikut ada beberapa cara atau tips cegah kejahatan cyber yang dapat dilakukan:
  • Melindungi gadget ataupun peranglat komputer dengan cara mengaktivasi perlindungan akses data. , untuk menjaga keamanan gadget dan software agar tetap terupdate. Biasanya ada banyak notifikasi secara berkala tentang update perangkat yang ditujukan untuk menutup celah keamanan pada gadget.
  • Penggunaan software bajakan ternyata ada banyak malware yang tertanam di dalam aplikasi bajakam tersebut. Hal ini tentu sangat tak baik bagi gadget atau perangkat.
  • Mengubah password secara berkala untuk menghindari adanya cybercrime Pastikan akun sudah menggunakan password yang kuat Terdiri dari banyak kombinasi dari huruf besar, huruf kecil, angka ataupun simbol agar password atau kata sandi kuat dan tak mudah dilacak.
  • Selalu backup segala data penting, dokumen pribadi seperti foto, musik, video dan lainnya. Hal ini dilakukan agar data tetap bisa terselamatkan apabila sewaktu-waktu ada pencurian data ataupun kesalahan pada sistem komputer ataupun perangkat yang digunakan.
  • Selalu waspada dan menahan diri agar tak sembarang membagikan informasi atau data diri jatuh ke tangan orang yang salah. Apabila tidak penting, hindari memasukan data-data diri ke media sosial.
  • Rajin mengecek atau memeriksa transaksi online secara teratur dari bank melalui email. Hal ini agar  kita bisa melihat dan mengecek apakah ada transaksi yang tidak benar.


Post a Comment Blogger

 
Top