Cross Girder Putus, Pengerjaan Jembatan Kalikuto Tertunda

July 13, 2018
Pengerjaan Jembatan Kalikuto yang menghubungkan Kabupaten Batang dengan Kabupaten Kendal terhenti sementara karena terkendala insiden tali seling yang mengikat girder putus sehingga menyebabkan girder berikut rangkaianya jatuh ke sungai
Batang
PT Waskita Karya akhirnya menunda proses evakuasi tali baja penyangga girder (cross girder) jembatan Kalikuto, Gringsing, Kabupaten Batang yang jatuh ke sungai dalam insiden yang terjadi pada Jum'at (13/7/18) malam. 

Penundaan tersebut menurut Kapolres Batang, AKBP Edi Suranta Sinulingga karena masih harus menunggu alat berat yang didatangkan dari Jakarta.
"Sabtu ini belum bisa dievakuasi atau diangkat sebab alat berat dari Jakarta belum datang sehingga kemungkinan baru Minggu bisa dilakukan proses evakuasi," ujarnya.
Dia menjelaskan, terjadinya insiden terputusnya cross girder pada Jum'at malam sekira pukul 22.00 WIB tidak sampai memakan korban sebab dalam peristiwa tersebut posisi para pekerja tidak sedang berada di bawah jembatan.

Terpisah, Pimpinan Proyek PT Waskita Karya, Mohammad, menyampaikan, pemasangan kembali cross girder akan tetap dilakukan setelah proses evakuasi selesai.

Dia menambahkan, dari hasil analisa sementara, belum ditemukan adanya kerusakan pada rangkaian cross girder sehingga masih layak difungsikan kembali.
"Kita akan pasang lagi nanti setelah evakuasi selesai dilakukan," jelasnya.
Untuk diketahui, jembatan Kalikuto yang menghubungkan dua wilayah kabupaten Batang dengan Kabupaten Kendal dilintasi jalur tol Batang-Semarang yang harus selesai pada akhir Agustus 2018 dan pada Oktober mendatang ditargetkan sudah bisa diopersionalkan.

Share this

Related Posts