googlesyndication.com

0 Comment
Pekalongan News
Sekda Kabupaten Batang Nasikhin bersama Perum Sub Divre Bulog Pekalongan Muhson dan Kepala Gudang Bulog Kandeman Sutarno meluncurkan bantuan sosial Beras Sejahtera ( RASTRA ) bagi Keluarga Penerima Manfaat ( KPM), kegiatan tersebut berlangsung di Gudang Bulog Kandeman Batang
Kabupaten Batang - Sekda Kabupaten Batang Nasikhin bersama Perum Sub Divre Bulog Pekalongan Muhson dan Kepala Gudang Bulog Kandeman Sutarno meluncurkan bantuan sosial Beras Sejahtera ( RASTRA ) bagi Keluarga Penerima Manfaat ( KPM), kegiatan tersebut berlangsung di Gudang Bulog Kandeman Batang, Rabu (17/1/18).

Sekda Batang Nasikhin mengatakan, bantuan beras sejahtera yang akan di berikan kepada KPM sangat berkualitas di banding tahun lalu, meski dengan jumlahnya lebih sedikit namun kualitasnya lebih bagus. 
“Pemkab sangat apresiasi dan terima kasih dengan bantuan beras sejahtera yang kualitasnya jauh lebih baik di banding tahun lalu,” kata Nasikhin.
Ia juga mengatakan, dalam pemberian bantuan sosial Rastra yang akan datang tepatnya di bulan Juli, bantuan akan di berikan secara non tunai, untuk itu kepada OPD ( Organisasi Perangat Daerah ) terkait untuk mempersiapkan diri. Karena bantuan tersebut membutuhkan sosialisasi yang sangat masif.
“Masyarakat akan menerima kartu selayaknya kartu ATM yang akan diisi oleh Pemerintah sebasar Rp.110.000,- , uang tersebut digunakan untuk menebus beras dan telur. Tidak boleh diuangkan, kalau dalam satu bulan tidak habis maka akan ada akumulasi sisa yang akan bisa diambil bulan berikutnya,” jelas Nasikhin
Penggunaan Kartu ATM tersebut lanjutnya, melatih masyarakat untuk disiplin dalam menggunakan kartu sejahtera untuk bisa menebus beras dan telur. Dari segi manfaat sangat luar biasa untuk menanggulangi kemiskinan dan meningkatkan gizi masyarakat, sehingga kualitas sumber daya manusia juga meningkat yang akan berdampak pada Indek Pembangunan manusianya.
“ Program Rastra sangat membantu Pemkab dalam membrantas kemiskinan sehingga dapat meningkatkan IPM. Dan bantuan ini berdasarkan data yang telah di lakukan pendataan oleh Kementrian Sosial yaitu program data terpadu,” terang Nasikhin
Di harapkan juga kepada masyrakat untuk dapat memanfaatkan sebaik – baiknya, dan bagi yan tidak menerima karena dinilai sudah mampu, tapi kalau belum mampu tidak menerima akan ada pengusulan data baru melalui dengan proses.

Kepala Sub Divre Pekalongan Muhson mengatakan, Program Bantuan sosial beras sejahtera pada dasarnya sama dengan beras sejahtera reguler, hanya saja untuk tahun 2018 untuk penerima manfaat tidak bayar atau tanpa tebus.
“Yang menerima sesuai data yang sudah di persiapkan oleh Kementrian Sosial sebanyak 10 Kg/ KPM , untuk wilayah Sub Divre Pekalongan ada penurunan yaitu 482.758 KPM untuk Rastra sebanyak 4.827.580 kg,” kata Muhson. 
Untuk Pelaksanaan Bansos Rastra wilayah Sub divre Pekalongan seperti Batang dan Pekalongan sampai bulan Juni, dan mulai bulan Julinya menjadi program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), sedangkan untuk wilayah Pemalang, Tegal dan Brebes bansoso rastanya hanya berlaku hanya dua bulan Januari dan Febuari tapi mulai maret sampai akhir programnya menjadi BPNT. 
“ Saya harap Masyarakat bisa mengakses beras dengan harga yang terjangkau sekaligus program bansos rastra dalam rangka stabilisasi harga pangan,” kata Muhson.
Nampak Kanit Tipiter Polres Batang Ipda Sapto Winengku turut mendampingi Sekda Batang dalam kegiatan tersebut.

Post a Comment

 
Top