0 Comment
Cegah Lonjakan Arus Mudik, Poresta Pekalongan Siapkan Tim Urai
AKBP mengecek kesiapan sarana personil Tim Urai
Kota Pekalongan
Akan beroprasiya tol Cikapali akan menyebabkan jumlah arus kendaraan yang melalui pantura akan meningkat tajam terutama di wilayah hukum Polres Pekalo ngan Kota. Diprediksi arus mudik tahun ini akan mengalami lonjakan hingga 50 persen. Hal tersebut diungkapkan oleh Kapolres Pekalongan Kota AKBP Luthfie Sulistiawan dalam kegiatan persiapan Tim Urai di halaman Satlantas Polres Peka longan Kota, Senin (22/6/15) kemarin pagi.

Kapolres Pekalongan Kota menjelaskan, fungsi dari Tim Urai adalah untuk mengurai kemacetan dan potensi yang bisa menyebabkan kemacetan di Kota Pekalongan. Dan untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik lebaran yang tentu akan membanjiri kota Pekalongan.

" Jumlah anggota mereka 21 personel yang dilengkapi dengan saran kendaraan bermotor, Tim ini akan bekerja 24 jam selama berlangsungnya Operasi Pengamanan Arus Mudik Lebaran 2015 mendatang," jelasnya.

Diterangkan, nantinya Tim Urai ini sebagai tim alternatif, disamping tim statis yang akan mengisi pos-pos yang sudah disiapkan juga nantinya akan sering bergerak. Dari 21 personel akan dipecah menjadi tiga tim, selanjutnya akan menempati setiap penggal jalan. Mereka menjadi tim pertama yang akan bekerja bila terjadi macet, memantau barikade bila ada yang rusak maupun jatuh, rusak, salah posisi dan tersenggol kendaraan pemudik.

Penyiapan Tim Urai, lanjut Kapolres, dimulai dari sekarang agar nanti saatnya Operasi Ketupat Candi digelar para personil semuanya yang terlibat sudah siap

" Rencananya nanti setelah ini, Kepala Satuan Tim Urai akan melakukan simulasi, untuk persiapan ketika misal terjadi Stag atau penumpukan kendaraan, lalu personil Tim Urai akan bergerak dari titik awal posnya untuk langsung mengurai maupun memecah jalur sekaligus mencegah terjadinya potensi yang menyebabkan kemacetan lainya hingga arus bisa kembali lancar," terangnya.

Post a Comment Blogger

 
Top