googlesyndication.com

Konsleting Listrik Diduga Penyebab Kebakaran Angkutan Umum Di Pasar Induk Grogolan Baru

Pekalongannews, Kota Pekalongan - Sebuah insiden mengejutkan terjadi di Kota Pekalongan yang melibatkan kendaraan angkutan umum pada hari Kamis 8 Februari 2024 siang. 

Sebuah angkutan umum ludes terbakar di sekitar Pasar Induk Grogolan Baru, Kota Pekalongan, Jawa Tengah. Beruntungnya, saat kejadian tersebut, angkutan tersebut tidak mengangkut penumpang.

Percikan api diduga berasal dari konsleting kelistrikan pada bagian mesin. Sebelum angkutan tersebut terbakar habis, terdengar dua ledakan yang menambah dramatis kejadian tersebut.

Pemadam kebakaran tiba di lokasi kurang dari lima belas menit setelah menerima informasi dari warga. Petugas pemadam kebakaran Kota Pekalongan segera bereaksi dan berupaya memadamkan api yang melahap habis angkutan umum tersebut. 

Meskipun upaya pemadaman berhasil dilakukan dalam waktu kurang dari tiga puluh menit, namun kondisi angkutan sudah ludes terbakar.

"Untuk pemadaman butuh waktu setengah jam. Api diduga berasal dari konsleting listrik yang ada di bawah mobil," ujar Nur Arifin, petugas pemadam kebakaran Kota Pekalongan.

Menurut petugas, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Meskipun demikian, hingga satu jam setelah kebakaran, keberadaan sopir angkot belum diketahui. 

"Informasi (mobil) kosong, pengemudinya pergi, dengar-dengar masih mencari peralatan," tambah Nur Arifin.

Saksi-saksi di lokasi kejadian juga memberikan keterangan mengenai apa yang mereka alami. Yusuf Priyanto, seorang saksi warga, menceritakan. 

"Saya mau beli rokok di warung sini selesai, terdengar suara seperti alarm di angkutan itu antara sepuluh menit, kemudian mengeluarkan asap sedikit kemudian agak tebal. Saya telepon damkar, setelah itu warga pada datang melihat kejadian ini. Tiga puluh menit kemudian terbakar, ada ledakan saat api membesar. Mobil terparkir, gak jalan, supirnya gak ada, mobil angkot,"tukasnya. 


 
Top