googlesyndication.com

Pemerintah Siap Salurkan Bantuan Pangan untuk 21,3 Juta KPM hingga Akhir Tahun
Pekalongannews, kabupaten Pekalongan - Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi, menyatakan kesiapan pemerintah menghadapi kebutuhan pangan hingga akhir tahun dan awal tahun depan. 

Ia menyampaikan bahwa bantuan pangan akan disalurkan kepada 21,3 juta KPM pada bulan Desember, dengan perkiraan kenaikan sekitar 8% menjadi 22 juta KPM pada Januari, Februari, dan Maret. Arief menekankan bahwa hal ini bukanlah soal politik, melainkan upaya nyata untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

Di tengah perhatian yang tinggi terhadap inflasi menjelang akhir tahun, Arief menyoroti fokus pemerintah pada harga beras, cabe, dan gula. 

"Khusus untuk beras, stok sebesar 3,8 juta ton telah dijamin oleh pemerintah, dan pihaknya siap menyerap hasil panen dari para petani," ujar Arief usai mengikuti kunjungan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, di Kabupaten Pekalongan pada Rabu, 13 Desember 2023.

Arief Prasetyo Adi juga mengungkapkan bahwa bantuan pangan dianggap perlu mengingat harga beras saat ini mencapai level tertinggi sepanjang tahun, yang dipengaruhi oleh kenaikan harga pupuk dan faktor biaya lainnya. 

"Pemerintah juga bertujuan memastikan kesejahteraan petani dengan menaikkan harga gabah kering panen di tingkat petani," ungkapnya.

Ia menekankan bahwa lembaga-lembaga terkait, termasuk Menko Perekonomian dan kementerian terkait, telah bekerja sama untuk mempersiapkan proyeksi kebutuhan pangan dan mengatasi kenaikan harga bahan pokok. 

"Dengan upaya ini, diharapkan masyarakat dapat merasakan ketersediaan pangan yang memadai di tengah gejolak harga pangan global," tegasnya.

Sementara itu, Direktur Human Capital Perum BULOG, Purnomo Sinar Hadi, menyatakan bahwa stok untuk penyaluran bantuan pangan beras hingga akhir Desember 2024 sudah terpenuhi, dengan stok beras saat ini mencapai 1,5 juta ton. 

Dia menambahkan bahwa akan ada tambahan impor beras pada awal tahun 2024 untuk menyediakan stok bantuan pangan dan stok BULOG. 

"Kita menyediakan untuk bantuan pangan, dan stok BULOG tercukupi sampai Maret," ujarnya.

Purnomo menegaskan bahwa setelah Maret, BULOG akan fokus pada pengadaan dan penyerapan beras dalam negeri, mengingat akhir Maret atau awal April merupakan masa panen raya.


 
Top