googlesyndication.com

0 Comment
Dedikasi Membangun Digitalisasi Layanan Publik di Batang,PJ Bupati Raih Penghargaan
Keterangan Gambar :Penjabat (Pj) Bupati Batang saat menerima  penghargaan. Foto: Itung kontributor Batang.
Pekalongannews, Batang - Transformasi digital yang terus didorong ke dalam sektor publik agar dapat menghasilkan layanan-layanan yang inovatif di Kabupaten Batang berbuah manis.

Kerja keras dan kerja cerdas Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki berhasil membawa masyarakat dapat mengikuti perkembangan tentang teknologi.

Atas dedikasinya yang dianggap berinovasi membangun digitalisasi layanan publik, Lani Dwi Rejeki diganjar penghargaan Anugrah Jawa Pos Radar Semarang atas Dedikasi Membangun Negeri.

Penghargaan katagori layanan inovasi cerdas digital itu, langsung di terima Lani saat menghadiri acara tersebut, Jumat (22/9/2023) malam di Semarang.

Penghargaan tersebut tidak lepas dari program merdeka sinyal hingga seluruh pelosok Kabupaten Batang yang sudah terkoneksi dengan jaringan internet maupun sinyal seluler.

Tidak hanya itu, untuk mempermudah dan mempercapat layanan masyarakat beberapa OPD telah membangun aplikasi yang mudah efektif, efisien praktis dan saderhana.

Beberapa aplikasi layanan itu diantaranya Batang Career di Disnaker untuk mempermudah warga Batang mendapatkan pekerjaan sesuai kompetensinya.

E-Katalog Ekraf Kabupaten Batang di Disparpora adalah belanja daring hasil dari ekonomi kreatif untuk membangkitkan pertumbuhan ekonomi daerah

Sedangkan Si Lebah di BPKPAD adalah layanan pembayaran pajak sscara elektronik untuk optimalisasi PBB.

Aplikasi Konlaporbae di Dinkes merupakan layanan konsultasi dan layanan pengaduan kessehatan secara online.

Lalu, Dashboard Analytics di Diskominfo merupakan sajian data yang mudah diakses di manapun dan kapanpun, lengkap, dan senantiasa update yang merujuk pada program satu data.

E-JDIH Kabupaten Batang di Bagian Hukum Setda merupakan aplikasi yang memudahkan dalam mencari dokumen dan produk hukum dari Peraturan Pemerintah, Peraturan Presiden, Undang-Undang, Peraturan Menteri, Peraturan Daerah dan lain sebagainya.

Aplikasi Sigandu di Pengadilan Agama sebuah inovasi untuk memudahkan layanan pengajuan kasus gugat cerai dan mencegah praktik percaloan.

Dan aplikasi Perizinan Sipuas di DPMPTSP merupakan layanan cepat perizinan secara online transparan dan meminimalisir percaloan.

"Pestasi ini tidak lepas dari kinerja seluruh aparatur sipil negera yang memilii komitmen melayani masyarakat,"kata Penjabat Bupati Batang Lani Dwi Rejeki.

Penghargaan ini kata Dia, merupakan bagian dari hasil kerja bupati - bupati sebelumnya yang sama - sama memiliki tekad kuat membangun Kabupaten yang smart atau cerdas.

"Aplikasi dan website yang dibangun ini untuk mempermudah dan mempercepat jalannya pemerintahan dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa,"ungkapnya.

Lani mengatakan digitalisasi dalam pelayanan publik bukan hanya bermanfaat bagi masyarakat, melainkan juga bagi internal penyelenggara pelayanan publik.

"Selain itu juga untuk mencegah pungutan liar (Pungli) karena memangkas pertemuan antar manusia,"pungkasnya.

Post a Comment

 
Top