googlesyndication.com

0 Comment

Pekalongannews, kota Pekalongan - Kegiatan nelayan di Kota Pekalongan pasca lebaran berjalan lancar, meskipun kapal yang memiliki kapasitas di atas 20 GT dapat berangkat, bahkan sejak bulan puasa banyak kapal dengan kapasitas di atas 30 GT yang berangkat. Saat ini, sedang musim ikan tongkol dan puluhan kapal cakalang dengan kapasitas 20-25 GT milik warga Kota Pekalongan telah mulai menangkap ikan tersebut.

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Pekalongan, Imam Menu, mengungkapkan hal tersebut saat dikonfirmasi melalui telepon pada Senin (15/5/2023). 

"Alhamdulillah, aktivitas nelayan saat ini berjalan dengan baik. Cuaca sedang bersahabat, dan aktivitas sudah banyak terjadi sejak sebelum hari raya. Banyak kapal besar dengan kapasitas di atas 30 GT yang berangkat. Memang terdapat informasi adanya ombak besar, tetapi untuk kapal di atas 30 GT masih aman," terang Imam.

Imam menyebutkan bahwa ada sekitar 200 kapal besar yang berpangkalan di Kota Pekalongan. Kapal-kapal yang dalam kondisi baik dan telah memenuhi persyaratan langsung berangkat, dengan rata-rata berlayar minimal selama 3 bulan. Mereka menuju ke laut Selatan, wilayah Sulawesi hingga perbatasan Australia.

Sementara itu, saat ini sedang musim ikan cakalang tongkol, sehingga kapal-kapal cakalang dengan kapasitas 20 GT, 21 GT, hingga 25 GT berangkat selama 12-15 hari. Ada sekitar 30 kapal cakalang yang dimiliki oleh beberapa warga Kota Pekalongan. 

"Karena tangkapan ikan ini bersifat musiman, kapal-kapal ini murni menangkap ikan cakalang tongkol. Biasanya di saat cuaca tertentu di laut, ikan tongkol banyak muncul dan kapal cakalang pun berangkat," tukas Imam.

Post a Comment

 
Top