0 Comment
Pekalongannews, Kota Pekalongan - Klenteng Po An Thian Kota Pekalongan dalam menyambut Tahun Baru Imlek 2574 adakan kegiatan bersih bersih altar tempat sembahyang patung dewa dewi serta menghias ornamen khas imlek.

Sejumlah warga keturunan Tionghoa di Tempat peribadatan Khonghucu Klenteng Po An Thian di Kota Pekalongan, Jawa Tengah, bergotong-royong membersihkan altar, dinding dan puluhan patung dewa, Selasa (17/2/2023).

Tahun baru Imlek ke 2574 bertepatan dengan tahun kelinci.air yang jatuh pada hari Minggu 22 Jamiari 2023.

Warga Tionghwa meyakini dengan membersihkan patung dewa dewi atau disebut juga kongco, Kongco dipercayai dapat memberikan perlindungan, keberuntungan, dan kebahagiaan Patung Kongco biasanya digunakan dalam upacara-upacara keagamaan Tionghoa, seperti perayaan Imlek atau Tahun Baru Tionghoa.

Ada beberapa patung dewa di kelenteng Po An Thian diantaranya Patung Dewa Tua (Sau Po) yang dipercayai sebagai dewa yang menjaga kesejahteraan dan keselamatan klenteng, Patung Dewa Kwan Im yang dipercayai sebagai dewi kebajikan dan kebahagiaan, Patung Dewa Leung Sing yang dipercayai sebagai dewa yang menjaga kesejahteraan dan kesehatan, Patung Dewa Kuan Yin yang dipercayai sebagai dewi belas kasih dan pembebas dan Patung Dewa Si Long Ta Te yang dipercayai sebagai Dewa Empat Elemen yang bertanggung jawab atas empat elemen alam yaitu air, udara, api, dan tanah.

Koordinator umat tridharma atau relawan kebersihan Klenteng Po An Thian, Susanto, menyebutkan tujuan membersihkan rumah ibadah terutama patung dewa, selain untuk mendatangkan keberkahan dan kelacaran rejeki, juga menghapuskan kesalahan atau dosa di tahun sebelumnya.

“Sehingga nanti pada saat puncak acara tahun baru imlek bisa kembali bersih dan lebih baik dibanding tahun sebelumnya,” ungkapnya.

Rangkaian kegiatan menyambut tahun baru Imlek 2574 di Klenteng PO An Thian diawali sejak 7 januari 2023 dengan kegiatan sembahyang tutup tahun dan puncak acara akan berlangsung pada 22 Januari 2023 atau bertepatan jatuhnya hari raya tahun baru imlek.

“Total ada 13 rangkain kegiatan merayakan tahun baru imlek yang akan berakhir pada 5 febuari 2023 dengan acara pertunjukan seni,” Pungkasnya.

Post a Comment Blogger

 
Top