Bekali UMKM Kemampuan Manajemen Bisnis, Ini Yang Dilakukan Raja Ritel

February 08, 2018

Batang
Pemerintah Kabupaten Batang melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM (Disperindagkop) menggandengng salah satu perusahaan ritel besar, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk atau Alfamart memberikan pelatihan manajemen bisnis untuk meningkatkan daya saing sekaligus kamampuan memasarkan produk secara ritel dan moderen.

Area Manager Alfamart, Supriyanto mengatakan, pelatihan manajemen bisnis bagi puluhan pelaku UMKM di Batang akan membuka peluang atau kesempatan meraih perluasan pasar. 
"Hal tersebut tentunya akan membuat pelaku UMKM tersebut untuk terus bertumbuh seiring meningkatnya pemasaran maupun omset," ujar Supriyanto, Rabu (7/2/18) di Aula Kantor Disperindagkop dan UMKM. 
Dia menjelaskan, program pelatihan bagi puluhan pelaku usaha UMKM di Batang merupakan bagian dari kepedulian dan penyaluran CSR dari Alfamart untuk membantu pelaku usaha memahami cara berbisnis ritel secara moderen dan berkesempatan menjadi mitra melalui kerjasama bisnis yang mudah dengan Alfamart. 
"Sudah saatnya pelaku usaha UMKM tumbuh pesat berdampingan dengan kami, jadi keduanya harus saling bersinergi dan untuk pelatihan manajemen bisnis sendiri akan rutin digelar rutin tiap tahun," ucapnya. 
Di kesempatan yang sama, Bupati Batang, Wihaji, meminta kepada pelaku usaha agar memiliki niat dan punya keinginan kuat untuk terus maju dan berkembang. 

Melalui kebijakan pro ekonomi kerakyatan, Bupati juga mendukung perusahaan swasta besar lebih memberikan kesempatan sekaligus lebih mengakomodasi pelaku usaha UMKM menjadi mitra yang strategis agar lebih semakin berkembang.
"Tentunya kita akan fasilitasi juga dengan pinjaman modal melalui Bank BPD Jateng dan segera akan kita siapkan lokasi display yang akan memajang produk hasil UMKM. Saat ini lita sedang cari tempat yang cocok," terangnya. 
Tidak hanya itu, lanjut dia, problem label dan perijinan termasuk juga yang erat kaitanya dengan produk makanan dan minuman akan kita bantu untuk dapat ijin dari BPOM. 
"Ini erat kaitanya dengan visi dan misi kami untuk menciptakan 1000 wira usaha baru bagi masyarakat Batang," tandasnya.

Share this

Related Posts