0 Comment
Puluhan Blogger dan Jurnalis Media Online asal Jakarta menyerbu kawasan hutan alam Petungkriyono, kedatangan puluhan Blogger dan Media Online Jakarta tersebut diterima dan dilepas Bupati Pekalongan Asip Kholbihi di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Kamis (11/5/17).

Kegiatan yang bertajuk Fun Trip Petungkriyono bekerjasama dengan Kementrian Pariwisata melalui Anggota Komisi X DPR RI Dapil X, Marlinda Irwanti sebagai mitra kerja.

Marlinda mengatakan, dirinya memang sengaja membawa 25 Blogger dan Jurnalis Media Online dari Jakarta untuk turut mempromosikan Kawasan Hutan Lindung Nasional Petungkriyono sebagai Hutan Hujan atau Hutan Alam terakhir di pulau Jawa.
"Diharapkan dengan adanya promosi wisata yang dilakukan 25 Blogger dan Jurnalis Media Online tersebut bisa turut mendorong kekuatan PAD daerah," ucap Marlinda.
Dikatakan Marlinda, Pariwisata telah menjadi salah satu indikator bagi kesejahteraan masyarakat, apalagi Bupati sendiri telah memiliki komitmen kuat untuk menjadikan potensi Petungkriyono sebagai alat menghidupkan sekaligus mensejahterakan masyarakat setempat.

Marlinda menambahkan, nantinya para Blogger dan Jurnalis Media Online yang ia bawa akan membantu dengan cara menulis dan menggambarkan keindahan alam Hutan Petungkriyono agar lebih mendunia.

Di tempat yang sama, Bupati Pekalongan Asip Kolbihi mengungkapkan, saat ini Petungkriyono telah menjadi destinasi wisata favorit pilihan masyarakat karena kondisi alamnya yang masih lestari dan terjaga.
"Saya minta untuk terus dijaga bersama-bersama agar hutan yang tersisa ini tetap bertahan dari kerusakan yang disebabkan oleh faktor manusia," ujarnya.
Sebagai upaya untuk mewujudkan hal tersebut, Bupati juga mengeluarkan kebijakan, salah satunya dengan menetapkan wilayah Petungkriyono harus terbebas dari sampah plastik dan zona larangan tebang.

Kenekaragaman hayati yang ada di Petungkriyono seperti flora dan fauna masih banyak yang belum diberi nama, untuk itu Pemerintah Kabupaten pekalongan juga menjalin kerjasama dengan kalangan perguruan tinggi terkemuka seperti ITB, IPB, Unsoed, UGM. Undip dan UI untuk keberlangsungan satwa liar langka yang ada seperti Owa Jawa, Elang Jawa, Macan Tutul khas Jawa dan beragam fauna sebagai kekayaan hayati bumi Pekalongan.
"Kita aplikasikan kerjasama tersebut dengan melibatkan masyarakat melaui teknologi terapan guna mendukung Petungkriyono Technoforestry Park, pemberdayaan masyarakat dan pengelolaan wisata," tandas Bupati.

Post a Comment Blogger

 
Top