0 Comment
pekalongan-news,com
Ketua Persit Chandra Kirana Cabang XX Kodim 0710/Pekalongan yang sekaligus Ketua Panitia Lomba Rumah Sehat, Rere Heri Bambang Wahyudi melakukan penjurian yang berujung kemenangan bagi rumah dinas Danramil 10/Wiradesa
Pekalongan
Rumah dinas Danramil 10/Wiradesa berhak mewakili Kodim 0710/Pekalongan dalam Lomba Rumah Sehat yang digelar oleh Korem 071/Wijayakusuma. Hal tersebut terungkap dalam kegiatan penilaian sekaligus penjurian oleh tim Panitia Lomba Rumah Sehat di tingkat Kodim 0710/ Pekalongan.

Ketua Panitia Lomba Rumah Sehat Kodim 0710/Pekalongan yang juga Ketua Persit Chandra Kirana Cabang XX Kodim 0710/ Pekalongan, Rere Hari Bambang Wahyudi mengatakan, rumah dinas Danramil 10/Pekalongan layak untuk maju ke tingkat Korem setelah dalam penilaian paling memenuhi syarat.
"Dari beberapa kriteria penilaian, hampir semuanya masuk sehingga berhak maju mewakili Kodim 0710/Pekalongan," ungkap Rere, Kamis (23/2/17) usai penilaian.
Rere menjelaskan, untuk bisa menang di tingkat Kodim 0710/Pekalongan peserta lomba Rumah Sehat harus memenuhi syarat seperti, seberapa banyak ventilasi rumah yang akan berpengaruh pada besarnya sirkulasi udara di dalam rumah termasuk seberapa banyak cahaya matahari bisa masuk ke dalam.

Selain itu juga kondisi fisik bangunan rumah apakah dindingnya retak-retak, lembab dan tidak sehat, Kemudian langit-langit, lantai dan ruang-ruang yang ada apakah juga dalam keadaan bersih dan sehat.
"Penghuni rumah sendiri masuk juga dalam penilaian, sebab kebiasaan sehari-hari seperti bagaimana membuang sampahnya dan bagaimana saluran pembuangan limbah rumah tangganya apakah juga memenuhi kriteria yang sehat," jelas Rere.
Rere melanjutkan, kondisi pekarangan juga tak luput dari penilaian tim. Rere menyampaikan, pekarangan rumah sehat harus ada tanaman obat keluarga atau herbal. Setelah itu juga harus ada warung hidup berupa tanaman yang dapat memenuhi kebutuhan dapur seperti tanaman sayur, cabe, tomat, terung dan lainya.

Cara pemanfaatan barang bekas, kata Rere, juga masuk dalam kriteria penilaian seperti ember bekas, kaleng bekas dan barang bekas yang dapat dimanfaatkan.
"Kaleng bekas atau ember bekas untuk pot tanaman atau bahkan dimanfaatkan untuk tong sampah dan lain sebagainya," terang Rere.
Tahapan selanjutnya nanti pemenang akan disertakan ke Lomba Rumah Sehat di tingkat Korem dan dari Korem akan dikirim lagi ke tingkat Kodam.
"Selain penghargaan berupa tropy, pemenang juga akan mendapat kan uang pembinaan," tandas Rere.

Post a Comment Blogger

 
Top