0 Comment
Koperasi Simpan pinjam (Kospin) Jasa Kota Pekalongan didaulat menjadi koperasi satu-satunya di Indonesia yang dipercaya pemerintah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Hal tersebut diungkapkan Menteri Koperasi dan UMKM, Anak Agung Gede Puspayoga saat menghadiri peringatan HUT Kospin Jasa ke 43 di Gedung Pusdiklat Kospin Jasa, Sabtu (17/12/16) malam.
"Sebenarnya sudah ada 32 Koperasi yang mengajukan diri per November kemarin, Namun setelah dikaji hanya Kospin Jasa yang memenuhi syarat," ucap Puspayoga.
Menurut Puspayoga, pemerintah tidak secara khusus menargetkan jumlah koperasi yang akan menjadi penyalur KUR, namun karena secara kualitas baru ada satu yang disetujui.
"Tahun ini baru satu koperasi, yang lainnya masih dikaji. Sebab koperasi wajib memenuhi beberapa persyaratan yang berat. Termasuk memenuhi ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
Menkop berharap, akan semakin banyak koperasi yang ikut terlibat sebagai penyalur KUR dari pemerintah namun di tahun 2017, dirinya tidak akan menargetkan berapa yang akan disetujui
Di sisi lain, Ketua Umum Kospin Jasa, Andy Arslan Djunaid mengaku siap untuk menyalurkan KUR melalui Kantor Cabang Kospin Jasa yang tersebar di seluruh Indonesia.
Baca Juga Menkop Ajak Koperasi Salurkan KUR
Dirinya menargetkan, KUR sebesar Rp 100 miliar akan disalurkan kepada pelaku UMKM untu mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan mereka.
"Dengan KUR ini akan menyehatkan permodalan pelaku UMKM dan kami siap bersaing dengan perbankan dalam menyalurkan KUR," ujarnya.
Andi menyampaikan, mengawali tahun 2017, Kospin Jasa akan mempelopori sebagai koperasi yang diijinkan menyalurkan KUR kepada masyarakat dan pelaku UMKM untuk mempermudah akses keuangan melalui lembaga di luar perbankan.
Baca juga : Kospin Jasa Serahkan Bantuan Uang Rp 100 Juta Kepada Korban Gempa Aceh
Selama ini, kata Andy, ijin penyaluran KUR hanya diberikan kepada perbankan dan sekarang kementrian ingin agar koperasi bisa setara dengan bank.
"Hal inilah yang menjadikan Kospin Jasa dipercaya menjadi koperasi penyalur KUR satu-satunya di luar perbankan untuk membantu akses permodalan pelaku usaha kecil menengah," papar Andy.

Post a Comment Blogger

 
Top