googlesyndication.com

0 Comment
Wajan Raksasa Banyak Ditemukan Di Jawa Tengah, Ini Salah Satu Penampakanya
Para pekerja terlihat sedang mengecek tambang pengikat wajan untuk memulai pengangkatan


Kabupaten Batang
Selain di Purworejo, wajan raksasa juga ditemukan di beberapa daerah lain seperti di Getas dan Beringin, keduanya berada di Kabupaten Semarang. Sedangkan temuan terbaru di Karangasem Utara Kabupaten Batang. Demikian dikatakan Agus Ujianto, Pengkaji Cagar Budaya, BPCB Jawa Tengah saat mengawasi proses evakuasi wajan raksasa di Masjid Al Furqon, Jalan R.E Marthadinata, Batang.

"Di Kota Pekalongan dulu juga pernah ditemukan wajan raksasa tapi saya tidak tahu karena sudah lama dan belum jadi peneliti," ungkap Agus.
Wajan yang ditemukan di Batang, kata Agus, berbahan logam dan mempunyai ketebalan 7,1 centimeter. Diameternya sama dengan wajan Purworejo.
"Namun untuk berat wajan kami belum tahu. Tapi kalau yang di Purworeja nyampai 1 ton lebih," ucap Agus.
Sementara itu proses evakuasi dibiayai oleh APBD Kabupaten Batang. Kendati demikian, Agus mengatakan belum tahu akan dibawa kemana wajan tersebut setelah diangkat.
Baca juga Misterius, Fungsi Wajan Raksasa Di Batang Belum Terungkap
"Kami hanya memastikan kalau proses pengangkatan harus berjalan aman dan harus ada langkah konservasi serta perawatan," jelasnya.
Seperti diketahui, proses pengangkatan kemarin berlangsung lambat karena harus ekstra hati-hati. Para pekerja masih terlihat membersihkan permukaan wajan dan melakukan pengikatan badan wajan dengan tambang untuk diangkat ke permukaan.

Post a Comment

 
Top