0 Comment
Misterius, Fungsi Wajan Raksasa Di Batang Belum Terungkap
Proses evakuasi wajan raksasa dimulai setelah dibersihkan dari lumpur dan air, tampak seorang pekerja mengukur diameter wajan dengan merentangkan tangan sebelum peralatan diturunkan 

Kabupaten Batang
Agus Ujianto, Pengkaji Cagar Budaya, BPCB Jateng mengatakan, wajan raksasa yang ditemukan di Masjid Al Furqon Batang berbeda dengan wajan yang ditemukan di Purworejo.

"Wajan Purworejo tidak memiliki kontruksi empat pipa yang mengarah ke Wajan akan tetapi memiliki kontruksi tungku dibawahnya," ungkap Agus, saat ditemui di lokasi evakuasi, Rabu (20/7/16).
Agus menyampaikan, dirinya belum tahu fungsi pipa di 4 sudut yang mengarah ke wajan raksasa Batang. Hal tersebut masih akan didalami oleh BPCB Jateng.

Baca Juga Gali Pondasi Masjid, Pekerja Bangunan Temukan Wajan Raksasa
"Mengingat dulunya tanah ini bekas pabrik gula, kemungkinan besar fungsi wajan masih berkaitan dengan lingkungan pabrik," jelas Agus.
Yang jelas, terang Agus, dirinya belum memastikan apakah di bawah wajan raksasa tersebut terdapat kontruksi tungku seperti wajan Purworejo.
"Karena ada informasi, lumpur yang menutupi wajan raksasa Batang bercampur dengan arang. Jadi harus diteliti lebih lanjut," ujar Agus.
Berbeda dengan wajan Purworejo, sambung Agus, fungsi wajan yang ditemukan di Purworejo untuk memasak gondorukem salah satu bahan pembuat malam atau lilin.
"Sedang yang di Batang ini belum jelas diperuntukan untuk apa karena BPCB sedang melakukan kajian teks atau kajian ilmiah tertulis untuk mengunkap misteri wajan Batang," pungkasnya

Post a Comment Blogger

 
Top