googlesyndication.com

1 Comment
Kapal Peralon 'Baruna Fistama' Sukses Meluncur Di Laut
Kapal Peralon untuk pertama kalinya berhasil di luncurkan ke air dengan sukses, rencananya kapal peralon akan melakukan trial setelah dipasang propeler dan isi bahan bakar
Kota Pekalongan
Kapal peralon yang beberapa waktu lalu diresmikan oleh Menristek Dikti M Nasir dan diberi nama 'Baruna fistama' akhirnya sukses diluncurkan, Selasa (3/5/16) sore, di galangan kapal PT Barokah Marine.

Tujuan diluncurkanya kapal peralon menurut Dirut galangan kapal PT Barokah Marine, Agus Triharsito untuk evaluasi sebelum dilakukan trial di laut.
"Rencananya besok akan kita pasang propeler dan cari waktu yang tepat untuk melakukan trial," ungkapnya usai peluncuran.
Dijelaskan Agus, setelah diluncurkan ke air, kapal peralon masih memiliki tahapan uji laut seperti uji mesin, baik ketahanan maupun manuver kapal dan uji lainya.
"Semua itu kita lakukan dengan legal prosedure. Kita undang Syah bandar dan BKI untuk mengecek semua sebelum dioperasikan di laut secara resmi," tuturnya.
Sementara itu proses peluncuran kapal peralon yang dimulai sejak pukul 15.30 WIB meski berjalan lancar tapi cukup menegangkan bagi para pekerja. Pasalnya mereka sudah terlibat sejak awal pembuatan kapal peralon.

Bahkan menurut salah pekerja, dirinya mengaku tidak bisa tidur setelah mendengar rencana akan diturunkanya kapal peralon ke air.
"Beberapa malam terakhir ini tak bisa tidur, mikirkan kapal bagaimana nanti kalau diluncurkan ke laut," ucap pria berbadan gempal yang bertugas membuat pakal dan bertanggung jawab agar kapal tidak bocor.
Sebelum maghrib, kapal yang digadang-gadang akan menjadi kapal nelayan masa depan Indonesia tersebut sukses mendarat di air tanpa ada kendala berarti dan sesuai rencana.

Post a Comment

 
Top