1 Comment
Anak-anak belasan tahun warga Rt 09 Rw 05 Desa Masin Warung asem Batang peringati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70 dengan menerbangkan balon bernuansa merah putih usai upacara. Balon udara yang biasa diterbang kan di lebaran syawal kini diterbangkan saat peringatan HUT RI ke-70 pada, Senin (17/8/15) kemarin.

Fikri (14 th) salah satu anak yang terlibat menerbangkan balon mengung kapkan, bahwa ide tersebut muncul dari anak-anak sekitar sini.

"Kami mempunyai ide membuat balon dan menerbangkanya agar lebih meriah perayaan agustusanya,"ucap pelajar SMP Salafiyah ini.

Dalam pembuatan balon tersebut, terang fikri, dikerjakan bersama selama seminggu. untuk membuatnya mereka patungan Rp 2 ribuan yang disisihkan dari uang saku mereka sehari-hari. Setelah dikumpulkan, hasilnya dibelikan plastik untuk bahan balon dan aksesorisnya.

Sifaudin (13 th) rekan fikri mengatakan, selama seminggu kami berhasil mem buat 6 balon dengan berbagai ukuran.

"Kami buat sepulang sekolah dan malam hari serta saat libur sekolah," terang nya.

Balon yang dibuat mempunyai ukuran tinggi 2 meter hingga 7 meter tingginya dengan diameter rata-rata 1,5 meter.

Kesibukan mereka terlihat sejak sabtu siang. sebagian mereka telah memper siapkan tungku api dengan menggali lubang ditanah, sebagian lagi mencari batang pohon pisang untuk mencetak lubang tungku.

Untuk menghasilkan asap tebal berwarna hitam dengan suhu panas maka perlu disiapkan bahan potongan karet bekas biasanya diambil ban bekas, juga diperlukan oli bekas sebagai campuran. Hasilnya ketika dibakar akan keluar asap tebal dan panas. Saat itu balon yang telah siap dipergunakan untuk menampung kepulan asap hingga penuh dengan tanda balon menggelembung membentuk polanya, ketika cukup penuh balon akan berasa goyang ingin terbang dan saat itu biasanya aksesoris balon berupa bendera kecil, potongan kecil kertas warna-warni ataupun petasan bila diperlukan akan segera disemat kan. Dengan aba-aba kecil balon udara siap diluncurkan.

Post a Comment

  1. kegiatan yang positif sekali mas bagi anak2.. saya jadi pengen main ke pekalongan ... hehe kalou ada event2 kabarin yah mas ^_^

    ReplyDelete

 
Top