googlesyndication.com

0 Comment
UKM PS2 Bukber Dengan Anak Yatim Panti Asuhan Arrobithoh
Puluhan anak yatim Panti Asuhan Arrobithoh berbuka bersama dengan UKM PS2 Unikal, Jum'at (3/7/15)
Kota Pekalongan
Unit kegiatan Mahasiswa (UKM) Penalaran Sadar Sosial (P-S2) Universitas Pekalongan melakukan kegiatan sosial dengan berbuka puasa bersama puluhan anak yatim dari Panti Asuhan Arrobithoh Jalan Teratai no 59 Kelurahan Klego, Kecamatan Pekalongan Timur, Kota Pekalongan, Jum'at (3/7/15) petang kemarin.

Dalam kegiatan tersebut juga dilibatkan 25 anak dari kelompok bimbingan belajar Pasirsari hasil binaan UKM PS2 Unikal.

Ketua UKM PS2 Unikal, Mega Lestari menyampaikan, kegiatan sosial seperti buka bersama dengan Panti Asuhan Arrobithoh merupakan agenda rutin yang setiap tahun dijalankan.
"Sudah lima tahun terakhir kami dari UKM PS2 menjalin hubungan dan sudah lima tahun pula kegiatan buka puasa bersama rutin kami gelar," ujar Mega ketika ditemui disela kegiatan.
Dikatakan, selain acara buka bersama, digelar juga siraman rohani bagi anak-anak panti dan anak-anak bimbel dilanjutkan sharing bersama dan sebelum memasuki acara berbuka diisi kultum oleh rekan Mustofa selaku ketua Divisi Pendidikan dan Seni Budaya dilanjutkan sholat magrib berjamamaah dan berbuka bersama.
"Kami juga memberikan santunan bagi 90 anak yatim berupa beras, mie instan, gula dan lainya. Selain itu juga ada pemberian nasi kotak serta snack sekedarnya bagi seluruh anak panti dan anak bimbel," ucap Mega mewakili rekan UKM lainya.
Di waktu yang sama dalam kultumnya Mustofa menyinggung 6 hal yang mem buat manusia rugi di Bulan Ramadhan seperti, Tidak berpuasa dan beribadah dengan maksimal, tidak menjaga sholat, ti dak mengikuti tarawih hingga selesai, tidak membiasakan membaca AlQur'an dan ibadahnya lebih buruk dari tahun sebelumnya.
"Datangnya Bulan Ramadhan merupakan sesuatu yang sangat menggembira kan. karena dari 12 bulan yang ada, hanya Bulan Ramadhan ini umat Islam bisa mendapatkan pahala yang berlipat. Namun sangat disayangkan kalau kita tidak mampu meraup keuntungan di bulan yang suci ini,"tuturnya.
Sementara itu Hussain Assegaf, pengasuh Panti Asuhan Arrobithoh menanggapi antusias dan senang apa yang dilakukan oleh mahasiswa Unikal dari UKM PS2 yang selau rutin melibatkan anak yatim asuhanya.
"Acara kali ini lebih semarak karena selain jumlah anaknya lebih banyak juga ada kunjungan dari kelompok bimbingan belajar Pasirsari hasil binaan teman-teman mahasiswa Unikal," ungkapnya.
Disampaikan Hussain, kegiatan seperti yang dilakukan UKM PS2 tentunya akan membuat anak-anak asuhanya senang karena bisa berbuka bersama.
"Di panti asuhan kami 50 persenya berasal dari Pekalongan sendiri dan sisanya berasal dari berbagai daerah lain dan untuk mengisi kegiatan Romadhon selain buka bersama dengan rekan mahasiswa juga kami ada kegiatan positif bagi anak Panti khususnya yang putri yang bikin kue kering untuk diedarkan sebagai pendapatan tambahan bagi mereka," paparnya.
"Hasilnya lumayan, tahun kemarin menghabiskan kue kering sebanyak 600 kilogram dengan hasil yang dibagi 40 anak mendapatkan hasil Rp 400 ribu per anak, semua dikembalikan ke anak bukan ke pihak panti asuhan," bebernya.

Kerja sama kami tidak hanya dengan rekan mahasiswa UKM PS2 saja, lanjut dia, akan tetapi juga dengan para donatur yang rutin mendonasikan rejekinya ke Panti Asuhan Arrobithoh termasuk sebuah tempat ibadah lain agama di Kota Pekalongan yang rutin mendonasikan beras setiap bulanya.

Diketahui Panti Asuhan Arrobithoh berdiri sejak tahun 1952 di bawah naungan yayasan Arrobithoh. Panti Asuhan tersebut terbuka untuk umum tanpa melihat ras, suku dan agama serta latar belakang. Panti Asuhan Arrobithoh  sekarang dikelola oleh 12 orang pegawai panti dan diasuh oleh 4 orang pengasuh, 2 orang untuk yatim putri dan 2 untuk yatim putra. Dalam perkembanganya Panti Asuhan Arrobithoh mampu mengelola unit usaha untuk membantu pemasukan panti berbentuk usaha pengelolaan air minum isi ulang selain untuk kebutuhan sendiri juga untuk di jual ke pihak lain.

Post a Comment

 
Top