googlesyndication.com

0 Comment
Ternyata Andoid Bisa Untuk Mendeteksi Gempa Bumi



Bencana gempa bumi selalu datang tanpa mengucapkan salam. Bahkan, Superkomputer tercanggih pun terkadang tak bisa memprediksi. Namun, Anda tak perlu panik karena saat ini smartphone Android dapat dijadikan sebagai peringatan dini adanya gempa bumi melalui aplikasi bernama MyShake. Aplikasi ini mampu menunjukkan hitungan mundur terjadinya gempa untuk membantu Anda mencari lokasi yang aman.

"Peringatan hanya beberapa detik dan itu sudah cukup membantu bila digunakan untuk berlindung dari bahaya gempa bumi. Apalagi, jika mereka dapat bersembunyi di bawah meja yang kuat, maka kemungkinan besar mereka akan selamat dan terhindar dari cedera hingga persentase 50 persen, " kata Profesor Richard Allen dari UC Berkeley Seismologi Laboratory, sekaligus pengembang aplikasi MyShake.

Hebatnya lagi, aplikasi MyShake telah dilengkapi dengan algoritma canggih untuk membedakan antara getaran dari gerakan manusia atau getaran dari gempa bumi itu sendiri. Bahkan, sensitivitas getarannya dapat dikenali hingga 5 magnitudo dan jarak 10 Km dari pusat gempa.

Ternyata Andoid Bisa Untuk Mendeteksi Gempa Bumi
Cara Kerja Aplikasi MyShake


Aplikasi ini juga telah diujicoba untuk mendeteksi gempa bumi yang sesungguhnya di kawasan dekat Los Angeles, amerika serikat. Hasilnya, 90 persen dari semua bencana gempa bumi dapat diprediksi dengan akurat oleh aplikasi MyShake.

Profesor Allen juga mengatakan bahwa aplikasi MyShake sementara ini hanya bisa dinikmati oleh pengguna perangkat Android. Namun, ke depannya aplikasi ini juga akan disediakan pada perangkat iOS.Hail for Technology

Post a Comment

 
Top