googlesyndication.com

0 Comment
Pesona Tersembunyi: 6 Destinasi Pantai yang Wajib Dikunjungi di Kecamatan Bantur Malang

Pekalongannews, Malang  – Belakangan ini, makin marak bermunculan objek wisata baru dengan nuansa modern yang pastinya mencuri perhatian. Mulai dari yang menawarkan hiburan semata ataupun sarat akan edukasi.

Namun selain itu, tak bisa dipungkiri dan ditolak kenyataan jika destinasi wisata alam seperti pantai masih memiliki pesona tersendiri yang pasti tak kalah menarik. 

Salah satu daerah yang memiliki banyak rekomendasi pantai cantik adalah Kabupaten Malang, tepatnya di Kecamatan Bantur.

Penasaran apa saja rekomendasi wisata pantai yang ada di Kecamatan Batur Malang? Berikut ini 6 wisata pantai hidden gem di Malang yang bisa kamu nikmati.

  1. Pantai Jembatan Panjang Tanjung Sirap

Rekomendasi pantai yang pertama ini namanya memang tak sepopuler Pantai Balekambang, tetapi bukan berarti Pantai Jembatan Panjang Tanjung Sirap ini kalah menarik, lho. 

Selain akan menyuguhkan panorama lautan yang biru, hal lain yang bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan adalah adanya sebuah jembatan panjang yang terhubung ke Pulau Hanoman. 

Bahkan, spot ini sudah menjadi tempat favorit buat banyak orang untuk mengabadikan momen karena sangat instagramable banget.

Di samping itu, untuk fasilitas pendukung tergolong sudah komplit seperti kamar mandi umum, warung makan, musala, tempat parkir, gazebo dan penginapan semuanya sudah ada di sekitar pantai.

Untuk rute menuju lokasi pantai ini mudah yaitu pilih tujuan yang sama dengan Pantai Balekambang saja. Dari sana, sobat tinggal ambil jalan setapak lalu lanjutkan dengan jalan kaki selama 15 menit. Perjalanan dari pusat kota Malang sendiri memakan waktu sekitar kurang lebih 2-3 jam.

Alamat: Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang

Jam buka: Setiap hari, 24 jam

Harga tiket masuk: Rp10.000 per orang saat weekday dan Rp15.000 saat hari libur serta weekend. 

2.Pantai Rowo Gebang

Tepat di sebelah barat Pantai Jembatan Panjang, masih terdapat objek wisata lainnya yakni Pantai Rowo Gebang. 

Penggunaan kata rowo ini diambil dari bahasa Jawa yang berarti rawa, sedangkan gebang tak lain merupakan pohon gebang. 

Dinamakan demikian karena di pantai ini dulunya berupa rawa yang banyak ditumbuhi dengan banyak pohon gebang, yaitu sejenis pohon palem yang besar dan tinggi.

Untuk datang ke lokasi, sobat bisa dengan cara masuk melalui Pantai Jembatan Panjang lalu sedikit menyusuri jalanan setapak di tengah belantara sejauh kurang lebih 1,5 kilometer. 

Agar persiapan sobat makin matang, coba pastikan untuk membawa sejumlah perlengkapan yang sekiranya dibutuhkan, serta jangan lupa gunakan atau membawa lotion anti nyamuk, ya.

Percaya deh, rasa lelahmu saat trekking akan terbayarkan seketika begitu sampai di sana. Hamparan pemandangan laut yang syahdu dan terpaan angin yang sepoi-sepoi akan menghilangkan rasa lelah.

Alamat: Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang

Jam buka: setiap hari, 24 jam

Harga tiket masuk: Rp5.000 per orang

3.Pantai Dali Putih

Sobat ingin mencoba menjelajah tiga pantai sekaligus saat liburan? Hmm, tentu bukan hal yang mustahil sebab letak pantai kali ini amat berdekatan dengan dua pantai sebelumnya. 

Ya, Pantai Dali Putih ini merupakan salah satu destinasi wisata yang tak boleh sampai sobat lewatkan ketika menyambangi daerah Bantur.

Pemandangan hamparan pasir putih yang bersih, suara deburan ombak yang menghantam karang tanpa henti, serta pepohonan hijau yang menjulang tinggi seakan bisa menjadi relaksasi tersendiri. 

Belum lagi, sobat akan diberikan pesona menakjubkan yakni fenomena matahari terbit sekaligus terbenam di Pantai Dali Putih yang selalu ditunggu-tunggu kehadirannya.

Eits, tapi jangan lupa untuk membawa bekal dan perlengkapan dari rumah karena masih jarang ditemukan warung di sekitar pantai ini.

Alamat: Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang

Jam buka: setiap hari, 24 jam

Harga tiket masuk: Rp10.000 per orang

4.Pantai Selok

Pantai yang masih satu area dengan Pantai Banyu Meneng ini, bedanya situasi di Pantai Selok lebih tenang kerana sedikit pengunjung. 

Selain pantai ini letaknya yang paling ujung, alasan yang mendasari hal tersebut kemungkinan besar datang dari adanya larangan yang diberikan oleh pihak pantai untuk tidak berenang mengingat akan ganasnya ombak di sana.

Namun meskipun begitu, bukan berarti sobat harus menghapus Pantai Selok dari wishlist liburan, lho. 

Sebab, pantai ini memiliki keindahan yang masih bisa dinikmati dengan beragam aktivitas seru lainnya, seperti piknik, kemah, olahraga pantai, ataupun berswafoto sepuasnya. 

Lagi pula, fasilitas yang disediakan bagi pengunjung juga sudah cukup lengkap, yakni terdiri dari toilet umum, musala, warung makan, serta tempat parkir.

Agar sobat bisa lebih leluasa mengeksplorasi Pantai Selok, sebaiknya datang berkunjung pada saat hari biasa.

Alamat: Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang

Jam buka: setiap hari, 24 jam

Harga tiket masuk: Rp10.000 per orang (satu loket dengan Pantai Banyu Meneng)

5.Pantai Mbehi

Jika sobat belum pernah mendengar nama pantai ini, tenang, sobat pastinya tidak sendirian, kok. 

Sebab, di luaran sana juga masih banyak yang tak mengetahui tentang keberadaan Pantai Mbehi. 

Maka tak heran jika ia sering mendapat julukan sebagai surga yang tersembunyi. Padahal, asal sobat tahu, jika letaknya masih berada di satu kawasan dengan wisata lain yang sudah lebih dulu populer, yakni di Teluk Bidadari.

Hal tersebut secara tak langsung bisa menjadi sebuah nilai plus ketika sobat berkunjung ke Pantai Mbehi. Namun, perlu digarisbawahi terlebih dulu karena untuk akses jalan masih terbilang cukup sulit dan minimnya fasilitas, sehingga usahakan untuk sobat membawa bekal dan perlengkapan dari rumah, ya. 

Disini juga diwajibkan untuk menyewa jasa pemandu lokal untuk menghindari risiko buruk di tengah perjalanan, seperti tersesat ataupun kecelakaan.

Alamat: Desa Bandungrejo, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang

Jam buka: setiap hari, 24 jam

Harga tiket masuk: gratis

Harga jasa pemandu: Rp100.000 per maksimal rombongan 10 orang (tarif tetap berlaku jika jumlah rombongan kurang dari 10 orang)

6.Pantai Kondang Sugu

Terakhir ada satu lagi destinasi wisata pantai hidden gem yang tak kalah memesona ialah Pantai Kondang Sugu. 

Begitu sobat mencoba masuk, maka akan disambut dengan hamparan pasir cokelat, air payau jernih, suara deburan ombak, serta pemandangan dua bukit yang kian menambah kesan asri.

Jika sobat ingin berenang di bibir pantai, coba untuk usahakan datang di pagi ataupun sore hari ketika ombak masih agak tenang. 

Namun jika tidak, sobat bisa mencoba aktivitas lain seperti berkemah dan memancing di sekitar muara sungai.

Dilihat dari letak geografisnya, pantai ini berada di hutan lindung yang menjadi tempat konservasi para monyet dan lutung jawa, maka ada beberapa aturan yang harus banget sobat taati. 

Di antaranya, ialah adanya larangan berinteraksi dan memberi makan pada hewan yang ditemui, merusak lingkungan, membawa minuman beralkohol, serta kendaraan offroad. 

Nah, biar sobat gak bingung saat ingin mencapai lokasi, coba gunakan rute Pantai Kondang Merak lalu sobat bisa ambil arah barat dan ikuti petunjuk jalan.

Selain itu, Pantai Kondang Sugu ini menawarkan fasilitas area parkir, kamar mandi umum, warung makan, tempat penyewaan perlengkapan berenang, dan alat memancing bagi para pengunjung. Cukup lengkap bukan?

Alamat: Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang

Jam buka: setiap hari, 24 jam

Harga tiket: Rp5.000 per orang

Karena letaknya yang cukup tersembunyi, maka untuk akses jalan menuju pantai-pantai di atas kebanyakan masih berupa tanah dan bebatuan. 

Untuk itu, sebiaknya sobat selalu hindari datang berkunjung di saat hujan dan pastikan juga membawa perlengkapan darurat untuk berjaga-jaga. 

Selain itu, selalu jaga kebersihan dan keasrian lingkungan pantai yang sobat kunjungi ya!

Post a Comment

 
Top