googlesyndication.com

0 Comment
Pohon Asem Tua di Wiroditan Bojong Runtuh Diterjang Hujan Lebat
Pekalongannews, Bojong - Kejadian tak terduga terjadi di Dukuh Buntu Desa Wiroditan, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan. Pohon asem yang sudah tua tumbang dengan hebatnya menutup seluruh jalur di Jalan Raya Bojong - Kedung Wuni.

Hujan deras yang mengguyur daerah tersebut sejak pukul 15.30 hingga pukul 20.40 WIB, Sabtu, 16 Maret 2024.

Dalam situasi darurat tersebut warga setempat langsung menghubungi aparat dari Koramil 08/Bojong, Polsek Bojong, tim SAR Kabupaten Pekalongan, BPBD, PLN serta dibantu dari tim Relawan, Ormas dan masyarakat sekitar.

Mereka dengan sigap bahu-membahu melakukan pemotongan dan pembersihan pohon yang menutupi jalan, dengan tujuan mengembalikan jalur tersebut bisa dilalui oleh kendaraan.

Disampaikan Serka Mujiyanto selaku Babinsa Wiroditan yang berdinas di Koramil 08/Bojong Kodim 0710/Pekalongan Korem 071/Wijayakusuma bahwa dirinya mendapat informasi adanya pohon tumbang dengan kronologi kejadian pohon tua jenis asem yang tegak di pinggir jalan tak kuasa menahan beban hujan deras sehingga pohon itu tumbang melintang menutupi seluruh badan jalan. 

Akibatnya, arus lalu lintas terhenti total, menyebabkan kemacetan panjang di sekitar lokasi kejadian.

"Bersyukur pada kejadian itu tidak ada korban jiwa dan kebetulan tidak ada kendaraan yang melintas" ungkap Serka Mujiyanto.

Ia menambahkan, kemacetan yang terjadi tidak hanya merugikan pengguna jalan yang terjebak di tengah jalur, namun juga menyebabkan gangguan pada pasokan listrik. Kabel-kabel PLN ikut terkena dampak dari pohon yang tumbang tersebut, mengakibatkan pemadaman listrik di sebagian wilayah sekitar.

"Atas kejadian tersebut kami menghimbau kepada seluruh masyarakat pengguna jalan agar selalu waspada dan hati-hati karena saat ini sedang musim hujan disertai angin kencang yang akan rawan terjadinya bencana alam seperti pohon tumbang" pungkasnya.

Post a Comment

 
Top