googlesyndication.com

Presiden Polandia Tegaskan Dukungan untuk Ukraina dalam Konflik Krimea
Sumber VOA Indonesia
Pekalongannews, Warsawa - Presiden Polandia, Andrzej Duda, mengeluarkan pernyataan pada Senin (5/2/2024) yang menegaskan bahwa Ukraina harus mengembalikan kendali atas semua wilayahnya yang diakui secara internasional, termasuk Krimea. 

Pernyataan ini disampaikannya setelah muncul keraguan atas komitmennya pekan sebelumnya terkait dukungan kepada Ukraina dalam konfliknya dengan Rusia.

Pada kunjungannya ke Afrika Timur, Duda bertemu dengan Presiden Kenya, William Ruto, di mana ia menegaskan kembali posisinya. Pernyataan tersebut menciptakan sorotan baru terhadap sikap Polandia dalam konflik Ukraina-Rusia.

Sebelumnya, pernyataan Duda pada sebuah wawancara dengan kanal Zerol pada Jumat (2/2/2024) memunculkan keraguan terkait keseriusannya dalam mendukung Ukraina. 

Ketika ditanya apakah Ukraina akan bisa merebut kembali Krimea dari Rusia, Duda menyatakan ketidakpastiannya. Namun, ia yakin bahwa Ukraina dapat merebut kembali wilayah timur Donetsk dan Luhansk.

Dalam konteks ini, Krimea dianggap spesial oleh Duda karena faktor sejarah. Ia menyebutkan bahwa wilayah tersebut telah lama berada di bawah kendali Rusia secara historis.

Pernyataan ini menimbulkan kekhawatiran di kalangan pengamat internasional terhadap konsistensi Polandia dalam mendukung Ukraina.

Polandia telah menjadi salah satu pendukung utama Ukraina sejak awal konflik dengan Rusia pada Februari 2022. Namun, dengan pergantian pemerintahan baru pada Oktober lalu, terjadi perubahan dalam dinamika politik Polandia.

Partai penguasa, Hukum dan Keadilan (Law and Justice/PiS), telah memenangkan pemilihan umum dengan kampanye yang sebagian besar menyerukan dukungan yang lebih terbatas terhadap Ukraina.

Ketika ditanya tentang wawancara kontroversialnya, Duda menegaskan kembali posisi Polandia terkait agresi Rusia terhadap Ukraina. 

Ia menyebut serangan Rusia dan pendudukan wilayah Ukraina yang diakui secara internasional, termasuk Krimea, sebagai kejahatan. 

Duda menekankan pentingnya pemulihan hukum internasional dalam menyelesaikan konflik ini, yang mencakup pengembalian Ukraina ke perbatasan yang diakui secara internasional, termasuk Krimea.
Tinjauan Terhadap Posisi Polandia

Dalam konteks pernyataan terbaru dari Duda, Polandia secara konsisten menegaskan dukungannya terhadap Ukraina. 

Meskipun ada pergeseran dalam politik internal Polandia, posisi mereka terhadap konflik Ukraina-Rusia tetap kuat.

Pernyataan Duda memberikan sinyal jelas bahwa Polandia akan terus mendukung Ukraina dalam upaya mereka untuk merebut kembali wilayah yang diambil oleh Rusia. 

Sikap Polandia ini memiliki dampak yang signifikan dalam dinamika geopolitik Eropa Timur dan dapat memengaruhi strategi diplomasi di masa depan.

Dengan pernyataan terbarunya, Presiden Polandia Andrzej Duda memperkuat dukungannya terhadap Ukraina dalam konflik dengan Rusia. 

Pernyataan ini menegaskan pentingnya pengembalian Ukraina ke perbatasan yang diakui secara internasional, termasuk Krimea. 

Meskipun Polandia mengalami perubahan politik internal, posisi mereka dalam mendukung Ukraina tetap teguh, mencerminkan komitmen mereka terhadap stabilitas dan kedaulatan di Eropa Timur.

 
Top