googlesyndication.com

Unikal Perkuat Program PIKMA NYAPA Batch 2 di Panti Asuhan Dewi Aminah
Keterangan Gambar :PIKMA) SRIWIJAYA tahun 2023 Universitas Pekalongan foto bersama. Foto: Itung kontributor Batang.
Pekalongannews, Kota Pekalongan - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pusat Informasi dan Konseling Mahasiswa (PIKMA) Sriwijaya tahun 2023 Universitas Pekalongan (Unikal) kembali melaksanakan program kerja PIKMA NYAPA Batch 2 (Pikma Nyambangi Panti Asuhan ).

Sebelumnya kegiatan tersebur sudah dilaksanakan di Pondok Modern Selamat II, kini di Panti Asuhan Dewi Aminah Kota Pekalongan.

Berbeda dengan Batch 1, untuk kali ini tertuju untuk remaja berusia 10-24 tahun dan belum menikah, mereka mendapat materi dan edukasi positif melalui modul Ini Genting dan Upgrade Tentang Kita.

Modul itu dirancang untuk memberikan pemahaman terkait implementasi cegah Stunting sejak dini, salah satunya topik "Anemia" dan juga Modul tentang kecakapan life skill bagi remaja terutama dalam mempersiapkan masa depannya.

"Melalui kegiatan ini kami berharap remaja di seluruh Kota Pekalongan khususnya Remaja Panti Asuhan Dewi Aminah, dapat memahami dan mengembangkan life skill yang mereka miliki guna menunjang persiapan masa depan nantinya,"kata Koordinator Divisi Pendidik Sebaya Pikma Sriwijaya. Najwa, Senin 4 Desember 2023.

Dalam kegiatan tersebut, juga memberikan edukasi tentang Anemia yang dikemas dalam Amplop Sayangi Diri dengan pembagian Tablet Tambah Darah sebagai upaya cegah Anemia pada remaja dan dukung gerakan "Cegah Stunting Itu Penting".

"Saya selaku perwakilan dari rekan-rekan Pikma Sriwijaya berharap, gerakan dan langkah positif ini dapat menyebar dikalangan remaja lainnya. Karena setiap remaja mampu menjadi Remaja yang Bermakna, Berkarya dan Berencana."ungkapnya.

Kegiatan yang melibatkan anak-anak atau remaja Panti Asuhan Dewi Aminah ini, berjalan dengan antusias. Hal ini terlihat dari sikap interaktif mereka dalam menerima materi dan permainan edukasi sehingga mudah mereka pahami.

Terlebih dalam modul "Ini Genting dan Modul Upgrade Tentang Kita" dirancang sebagai modul edukasi yang berbentuk permainan interaktif.

Kegiatan tersebutbjuga sejalan dengan Program Generasi Berencana (GenRe) yang mana diharapkan remaja memiliki ketahanan diri untuk tidak melakukan Triad KRR diantaranya pernikahan dini, tidak melakukan hubungan seksual sebelum menikah dan tidak melakukan penyalahgunaan NAPZA.

Aulia, salah satu anak panti Asuhan Dewi Aminah Kota Pekalongan menuturkan, kegiatan Pikma Sriwijaya sangat bermanfaat sekali.

"Kita jadi tau soal life skill, anemia, hingga edugizi, apalagi pembagian tamblet tambah darah yang penting buat saya sebagai remaja untuk menghindari anemia. Terima kasih pikma sriwijaya. Bermanfaat banget,"tuturnya.

 
Top