googlesyndication.com

Stasiun Pekalongan Alami Lonjakan Penumpang saat Libur Nataru
Manager Humas Daop 4 Semarang Franoto Wibowo
Pekalongannews, Kota Pekalongan - Jumlah penumpang di Stasiun Pekalongan pada masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) mengalami kenaikan yang cukup signifikan. 

Pada hari-hari biasa, jumlah penumpang berkisar sekitar 1.500 orang, tetapi selama libur Nataru ini mencapai 2.200 orang per hari. 

Puncak arus penumpang terjadi pada Sabtu (23/12/2023), dan puncak kedatangan atau arus balik diperkirakan akan terjadi pada Senin (1/1/2024).

Franoto Wibowo, Manager Humas Daop 4 Semarang, mengungkapkan hal ini saat diwawancara di Stasiun Pekalongan pada Minggu Siang (24/12/2023). 

"Angkutan Natal Daop 4 Semarang secara umum menargetkan menyediakan 361.000 tiket dan sejauh ini sudah terjual sebanyak 57%. Di Stasiun Pekalongan, terjadi lonjakan penumpang, di mana pada hari biasa jumlahnya 1.500 penumpang, namun selama libur Nataru ini bisa mencapai 2.200 orang per harinya,"ujarnya.

Diketahui bahwa ada 64 kereta yang berhenti di Stasiun Pekalongan, dengan tambahan 6 kereta selama libur Nataru, yakni 3 dari Barat dan 3 dari Timur, termasuk kereta kertajaya, brantas, dan sembrani. Franoto menambahkan, 

"Puncak Natal sudah terjadi kemarin pada hari Sabtu, dan arus baliknya kami perkirakan akan terjadi pada tanggal 1 Januari, "tmbahnya.

Prediksi jumlah penumpang selama libur Nataru mencapai 361.428 orang, yang merupakan peningkatan sebesar 28% dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya mencapai 281.000 penumpang. 

Franoto mengimbau kepada masyarakat atau calon penumpang yang sudah membeli tiket untuk memperhitungkan waktu perjalanan dari rumah ke stasiun, mengingat prediksi bahwa lalu lintas di sekitar stasiun akan sangat padat. 

"Alokasikan waktu dengan baik agar tidak ketinggalan kereta," pungkas Franoto.

 
Top