googlesyndication.com

Pj Bupati Batang: Manfaatkan Data Sensus untuk Tingkatkan Produktivitas Pertanian

Pekalongannews, Batang -  Penjabat (Pj) Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki, menyatakan bahwa sektor pertanian memiliki peran penting dalam perekonomian nasional. Sektor ini juga memberikan kontribusi signifikan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional, sekitar 14,3% pada tahun 2022. 

Oleh karena itu, Sensus Pertanian Tahun 2023 sangat penting dalam menentukan kebijakan dan memberikan pemahaman yang periodik kepada seluruh elemen masyarakat oleh pemerintah di Indonesia.

"Pertanian memiliki dampak yang besar pada perekonomian nasional, dan data pertanian yang akurat sangat diperlukan untuk mendukung kebijakan pembangunan pertanian. Karena itu, Sensus Pertanian 2023 ini diharapkan dapat menghasilkan data berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan," kata Pj Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki setelah sosialisasi Sensus Pertanian Tahun 2023 di Aula Kantor Bupati setempat pada 12 Desember 2023.

Ia juga menegaskan bahwa sensus pertanian merupakan kegiatan yang dilakukan oleh BPS untuk mencatat setiap kejadian atau peristiwa dalam bidang pertanian, termasuk lahan tanam, penggunaan pupuk, keberadaan peternakan, dan populasi ternak di satu wilayah. 

"Sensus pertanian juga dapat menjadi pedoman bagi pemerintah untuk membuat kebijakan yang lebih baik terkait pengelolaan pertanian di Indonesia," jelasnya.

Pj Bupati Batang juga berharap bahwa data yang dihasilkan dari Sensus Pertanian 2023 ini dapat dimanfaatkan oleh berbagai pihak, termasuk pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat, untuk meningkatkan produktivitas pertanian di Kabupaten Batang.

Kepala BPS Batang, Heni Djumadi, menyoroti bahwa hasil Sensus Pertanian tahun 2023 akan memberikan gambaran baru mengenai kondisi pertanian di Kabupaten Batang dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Hal ini menjadi momentum yang sangat krusial dan mendasar untuk memahami kondisi pertanian di Indonesia, termasuk di Kabupaten Batang.

"Ia juga mengungkapkan bahwa rilis desiminasi hasil Sensus Pertanian 2023 Tahap I bertujuan untuk menyajikan data hasil sebagai gambaran rinci mengenai kondisi usaha pertanian di Kabupaten Batang. Sementara rilis data Tahap II akan menyajikan data variabel-variabel hasil sensus pertanian pada bulan April 2024.

"Rilis Desiminasi Hasil Sensus Pertanian 2023 Tahap I di tingkat kabupaten ini merupakan upaya untuk menyampaikan gambaran terkini potret kondisi pertanian di Kabupaten Batang. Data yang sudah terkumpul mencakup jumlah usaha pertanian, rumah tangga usaha pertanian, demografi pengelola usaha tani, penggunaan lahan, petani gurem, petani milenial, urban farming, jasa usaha pertanian, dan komoditas utama pertanian," tambahnya.

Heni juga menekankan bahwa Sensus Tahun 2023 akan menjadi bahan untuk perencanaan dan kebijakan di bidang pertanian, yang bertujuan untuk mencapai kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani.


 
Top