googlesyndication.com

Pasukan Got DLH Kabupaten Batang Tingkatkan Aksi Bersih-bersih Saluran Hadapi Musim Hujan
Pekalongannews, Batang - Menghadapi musim penghujan, Pasukan Got dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Batang telah meningkatkan intensitas aksi mereka.

Kini, mereka terjun ke lapangan delapan kali dalam sebulan untuk menjangkau titik-titik bermasalah guna mempersiapkan diri menghadapi musim hujan yang akan datang.

Menurut Kepala DLH Kabupaten Batang, Handy Hakim, upaya ini dilakukan untuk membersihkan saluran kota agar kondisinya siap menghadapi musim hujan.

Salah satu area yang menjadi fokus perhatian Pasukan Got adalah Proyonanggan Tengah. Mereka juga lebih intensif dalam membersihkan saluran-saluran di Kabupaten Batang, dengan target minimal delapan kali pembersihan setiap bulan.

"Kita sudah mulai membersihkan di Proyonanggan Tengah oleh Pasukan Got. Akhir-akhir ini kita lebih intensif satu bulan minimal delapan kali membersihkan saluran di Kabupaten Batang. Jadi kalau puncak musim hujan kondisi saluran itu sudah bersih," jelas Handy Hakim, Jumat 1 Desember 2023.

Ia menyebutkan bahwa Pasukan Got terdiri dari 10 orang anggota ditambah 2 orang pengawas, yang bertanggung jawab untuk membersihkan saluran-saluran di wilayah pemukiman, seperti saluran Gendingan, Goresan, dan jalur drainase kota lainnya.

Hal ini dilakukan karena dengan bertambahnya penduduk dan pemukiman, saluran-saluran tersebut menjadi kurang terawat dan seringkali digunakan sebagai tempat pembuangan sampah, yang menyebabkan penumpukan sedimen.

Untuk persiapan menghadapi musim hujan, DLH Kabupaten Batang fokus dalam membersihkan titik-titik hilir saluran-saluran di wilayah tersebut, termasuk pintu air Seturi dan saluran sepanjang eks sungai Sambong.

"Kegiatan pembersihan ini juga melibatkan berbagai pihak terkait seperti DPUPR, Dislutkanak, PSDA Provinsi Jawa Tengah, dan BBWS,"ungkapnya.

Handy Hakim menjelaskan bahwa banjir di Pantura Kota Batang memiliki dua sumber utama. Pertama, dari tingginya debit air hujan, dan kedua, dari limpahan Sungai Sambong yang dapat menyebabkan banjir bandang di Kelurahan Karangasem Utara.

"Oleh karena itu, membersihkan saluran dan sungai di wilayah tersebut menjadi sangat penting untuk mencegah dampak banjir yang lebih parah. Sungai Sambong juga menjadi saluran limpasan dari Klidang Lor, sehingga jika tidak dibersihkan, banjir bandang yang terjadi di Sungai Sambong dapat berlanjut hingga ke wilayah Klidang Lor,"jelasnya.

Dengan upaya bersih-bersih saluran dan sungai ini, diharapkan dapat mengurangi potensi dampak banjir yang terjadi saat musim hujan tiba.

"Langkah pencegahan yang dilakukan oleh Pasukan Got menjadi bagian yang sangat penting dalam mengurangi resiko banjir bagi masyarakat di wilayah tersebut,"pungkasnya.

 
Top