googlesyndication.com

Kantor Kecamatan Banyuputih Dibakar dan Dirusak, Polisi Selidiki Penyebabnya
Keterangan Gambar : Kantor Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Batang dibakar dan dirusak orang tak dikenal. Foto: Itung kontributor Batang.

Pekalongannews, Batang - Peristiwa pembakaran dan pengrusakan oleh pihak yang tidak dikenal telah terjadi di Kantor Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Batang.

Tampak garis polisi sudah melingkar di sejumlah area kantor Kecamatan. Kerusakan terparah dialami kantor Camat. Hanya tampak bekas dokumen serta kursi terbakar di dalam ruangan.

"Kejadian tadi dini hari, kurang lebih 00:00 lebih 5 menit. Kronologisnya diketahui oleh pedagang angkringan di depan kecamatan. Katanya ada api," kata Sekretaris Kecamatan Banyuputih, Lukmanan Setiaji di lokasi, Senin 11 Desember 2023. 

Peristiwa tersebut mengakibatkan ruang pelayanan kecamatan Banyuputih ditutup sementara waktu, dan aktivitas perkantoran dipindahkan ke pendopo kantor Kecamatan. 

"Pihak polisi sudah datang ke lokasi, lalu beberapa barang bukti dibawa ke Polres untuk dijadikan bukti. Untuk sementara pelayanan untuk masyarakat diproses," tambahnya.

Kebakaran diketahui oleh pedagang angkringan yang mangkal di depan kantor kecamatan tersebut, yang langsung menelpon kepala desa Sembung. Bersama perangkat lain, Kades berusaha memadamkan api sembari menunggu petugas pemadam kebakaran.

Setelah damkar datang, sekitar satu jam kemudian, api bisa dipadamkan. Ia mengatakan ruang yang paling parah terbakar merupakan kantor Camat.

"Tapi semua ruangan ada dampaknya, jadi ada barang barang di obrak abrik. Semua laci di kantor kecamatan dibukak. Dokumen di ruang Camat terbakar, termasuk laptopnya pak Camat," katanya.

Pihak kepolisian sudah datang ke lokasi, lalu beberapa barang bukti dibawa ke Polres untuk dijadikan bukti. Untuk sementara pelayanan untuk masyarakat diproses.

" Untuk pelayanan sendiri di kecamatan banyuputih sementara ditutup, karena kami belum bisa masuk ke ruangan," ucapnya.

Pihak Polres sudah mengirim surat ke Kepolisian Daerah (Polda) Jateng meminta bantuan tim laboratorium forensik. Ia menunggu instruksi dari kepolisan untuk membuka kembali pelayanan.

"Nah kalau pembuatan ktp atau apa bisa dialihkan  ke kantor catatan sipil di Kabupaten. Kecamatan sendiri sementara belum bisa," jelas Lukmanan.

Sekcam menyebut tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun untuk kerugian materiil diperkirakan mencapai 400 juta.

Untuk kepentingan penyelidikan kepolisian, saat ini seluruh saksi sedang dimintai keterangan di kantor Polsek Limpung. 


 
Top