googlesyndication.com

Komitmen Kuat Prabowo Terhadap Kelanjutan Pembangunan IKN Nusantara

Pekalongannews, Jakarta - Sikap tegas pasangan calon (Paslon) calon Presiden dan calon wakil Presiden (Capres-Cawapres) nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka melanjutkan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara patut didukung penuh.

Pasalnya, pembangunan IKN Nusantara bukan semata melanjutkan program kerja Presiden Joko Widodo alias Jokowi, tetapi pembangunan IKN merupakan langkah strategis Indonesia menjadi negara maju. 

Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie menilai, Prabowo Subianto memiliki strategi yang jitu untuk melanjutkan pembangunan IKN jika terpilih menjadi Presiden pada Pilpres 2024 nanti, karena IKN Nusantara bukanlah persoalan pemindahan pusat ibu kota negara, tetapi lebih pada pembangunan bangsa lebih maju lagi. 

“Saya kira Prabowo punya grand strategy untuk melanjutkan IKN tapi nanti pakai tim ahli ekononi terbaik tanah air. Sebetulnya IKN bukan hanya melanjutkan program Jokowi tapi ini langkah strategis,” kata Jerry Massie kepada wartawan, Selasa (28/11).

Menurut Jerry, ke depan Prabowo-Gibran harus menarik para ahli tata kota, pakar ekonomi dan pakar investasi untuk bersama-sama mendesain pembangunan IKN Nusantara. Apalagi, Presiden Jokowi sendiri menegaskan bahwa IKN Nusantara ke depan akan menjadi pusat perkembangan ekonomi baru di Indonesia. 

“Saran saya pakai ahli tata kota, pakar investasi dan pakai ekonomi pembangunan. Saya kira jika Prabowo mengadopsi gaya Pelita Soeharto maka dia akan mampu melakukannya,” ucapnya.

Dikatakan Jerry, kerja-kerja Prabowo selama ini menjadi modal kuat bagi dirinya untuk melanjutkan pembangunan IKN. Apalagi, Prabowo merupakan jebolan perwira TNI pasti memiliki strategi dalam mensukseskan satu pekerjaan, termasuk menjadikan IKN sebagai pusat ekonomi baru di Indonesia, bahkan ASEAN.

“Jika jadi presiden maka visi utama Prabowo yang harus dikerjakan terlebih dahulu seperti bangun air bersih sampai tak impor BBM. Saya pikir Prabowo punya konsep yang jitu untuk melanjutkan program IKN,” jelasnya.

Jerry Massie pun yakin betul dengan kekuatan Prabowo Subianto menarik investor asing ke Indonesia. Prabowo sendiri dikenal sebagai pebisnis nasional di tanah air, hingga tidak begitu sulit baginya untuk mendatangkan para investor asing ke IKN Nusantara.

“Saya kira investor asing akan lebih percaya pada Prabowo, apalagi security system dia sangat kuat dan international relationship and partnership cukup baik. Pasti Prabowo akan mampu melanjutkan program IKN tapi itu butuh waktu,” akuinya.

“Contoh membangun IKN maka Prbaowo bisa meminta saran ekonom ternama ada Rizal Ramli, Fuad Bawazier sampai Faisal Basri,” sambungnya.

Untuk itu, dengan berbagai pengalaman yang dimiliki oleh Prabowo dan Gibran IKN Nusantara bisa dilanjutkan dan menjadi pusat perkembangan ekonomi Indonesia.

“Saya optimis dengan kemampuan Prabowo dia bisa melanjutkan program IKN ini,” pungkasnya. 

Sebelumnya, Komandan Tim Komunikasi Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran Budisatrio Djiwandono menegaskan sikap pasangan calon presiden dan calon wakil presiden itu terhadap Ibu Kota Nusantara (IKN). Itu setelah kritik yang dilancarkan oleh Anies Baswedan di sebuah acara di Surakarta. 

“Komitmen Prabowo-Gibran jelas, 100 persen IKN harus dilanjutkan. Itu demi masa depan bangsa dan sudah menjadi amanat konstitusi,” tegasnya.

Budisatrio menjelaskan, pembangunan IKN adalah langkah strategis dan visioner yang dilakukan pemerintahan Presiden Joko Widodo yang harus dilanjutkan. 

“Pak Presiden sudah meletakkan sebuah fondasi untuk memulai pemerataan. Itu bisa dipandang sebagai sebuah kebijakan politik strategis bahwa Indonesia sudah mulai keluar dari pola pikir yang Jawa-sentris,” jelasnya. (*)

 
Top