googlesyndication.com


Ketersediaan Tiket Fasilitas Kereta Api Nataru 2023/2024 Masih Banyak Tersedia
Pekalongannews, Semarang - 
PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 4 Semarang mencatat bahwa tiket kereta api untuk periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 masih tersedia dalam jumlah yang cukup, dengan okupansi saat ini sekitar 10 persen per Jumat (24/11/2023).

Franoto Wibowo, Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, menyampaikan bahwa angka tersebut kemungkinan akan terus bertambah seiring berlangsungnya penjualan. 

"KAI menyarankan kepada masyarakat yang berencana berlibur dengan menggunakan transportasi Kereta Api selama masa liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) untuk segera memesan tiket, mengingat masih banyaknya ketersediaan tiket KA masa Nataru," ujar Franoto.

Masyarakat dapat membeli tiket kereta api jarak jauh reguler melalui aplikasi Access by KAI, situs web kai.id, minimarket, dan seluruh saluran pembelian tiket KA mulai H-45 sebelum keberangkatan. Pembelian tiket di loket stasiun hanya tersedia untuk keberangkatan KA mulai 3 jam sebelum waktu keberangkatan (go show).

Sebanyak 33 KA Reguler, terdiri dari 29 KA jarak jauh dan 4 KA lokal, disiapkan oleh KAI Daop 4 Semarang setiap harinya selama periode Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang berlangsung mulai tanggal 21 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024.

Beberapa rute KA yang menjadi favorit selama Angkutan Nataru antara lain KA Argo Muria relasi Semarang Tawang Bank Jateng - Gambir pp, KA Argo Sindoro relasi Semarang Tawang Bank Jateng - Gambir pp, KA Tawang Jaya Premium relasi Semarang Tawang Bank Jateng - Pasar Senen pp, KA Tawang Jaya relasi Semarang Poncol - Pasar Senen pp, dan KA Ambarawa Ekspress relasi Semarang Poncol - Surabaya Pasarturi pp.

KAI Daop 4 memprediksi bahwa puncak naik-turun penumpang di stasiun-stasiun wilayah Daop 4 Semarang terjadi pada Jumat, 22 Desember 2023, untuk penumpang datang atau turun tertinggi, sementara penumpang naik tertinggi diperkirakan pada Senin, 1 Januari 2024.

Volume penumpang yang menggunakan KA selama periode Angkutan Nataru 2023/24 di wilayah Daop 4 Semarang diprediksi mencapai 326.042 penumpang, naik 16% dibandingkan dengan periode yang sama pada Angkutan Nataru 2022/23 yang mencapai 281.146 penumpang.

Dalam menyediakan tiket kereta api, terutama pada puncak musim seperti Angkutan Nataru, KAI berkomitmen untuk menyediakan tiket secara transparan dan terpercaya bagi seluruh pelanggan. 

Untuk mengatasi praktik percaloan tiket, KAI telah lama menerapkan kebijakan one seat one passenger dan sistem boarding yang memastikan nama penumpang sesuai dengan yang tertera di tiket dan kartu identitas.

"KAI mengajak masyarakat untuk menggunakan moda transportasi kereta api untuk pulang kampung, liburan, atau tujuan lainnya karena kereta api menawarkan banyak keunggulan, termasuk prioritas pada keselamatan, kesehatan, kenyamanan, ketepatan waktu, dan jangkauan stasiun yang luas dari pusat kota hingga pedesaan," tutup Franoto.


 
Top