googlesyndication.com

0 Comment
Kenaikan Harga Cabai Tak Terkendali, Pj Bupati Batang Sidak Di Pasar Tradisional
Pekalongannews, Batang - PJ Bupati Batang Lani Dwi Rejeki melaksanakan sidak di pasar tradisonal Kecamatan Batang. Ia tiba pukul 12.00 wib didampingi oleh Kepala Dinas Perindagkop dan UKM, Subiyanto dan Plt, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Wahyu Budi Santoso, Rabu 8 November 2023.

Saat tiba dilokasi pedagang cabai, Lani Dwi Rejeki menyempatkan berdialog dengan pedagang terkait kenaikan harga cabai yang tak terkendali.

“Dalam sidak hari ini, kita temukan harga cabai merah naik, penyebabnya kemarau panjang yang menjadikan sejumlah daerah mengalami kekeringan,” katanya.

Lani menyebutkan bahwa kenaikan harga cabai dialami semua daerah, naik antara Rp50 ribu hingga Rp85 ribu termasuk di Kabupaten Batang.

“Bahkan ada informasi daerah lainnya harga cabai bisa mencapai Rp100 ribu per kilogram. Karena memang ini dipicu oleh musim kemarau yang panjang sehingga banyak petani cabai yang gagal panen atau panen pun tidak maksimal,” jelasnya.

Cabai yang mengalami kenaikan adalah jenis cabai merah keriting, cabai merah teropong, dan cabai setan.

"Normalnya harga cabai itu berkisar Rp25 ribu tapi sekarang sampai Rp80 ribu per kg, bahkan ada kenaikan hingga 200 persen,"jelasnya.

Penanganan naiknya harga cabai kemarin sudah dirapatkan oleh Dispaperta Kabupaten Batang dengan Provinsi Jawa Tengah yang disitu ada beberapa opsi solusi oleh Pemerintah.

“Opsinya itu salah satunya subsidi, bagimana teknisnya masih dirumuskan oleh Dispaperta Kabupaten Batang yang akan diserahkan Provinsi Jawa Tengah untuk mensubsidi,” ujar dia.

Sementara harga bahan pokok lainya kata Lani, masih stabil seperti beras medium harganya Rp10.900,00 per kilogram dan beras premium Rp14 ribu per kilogram.

"Untuk harga telur sedikit memgalami kenaikan yang awalnya dari harga Rp25 ribu per kilogram sekarang Rp27 ribu per kilogram. Kenaikan ini dipicu adanya Program Keluarga Harapan (PKH) yang menyebabkan permintaan tinggi,"ungkapnya.

Post a Comment

 
Top