googlesyndication.com

0 Comment
Tragedi Banjir Bandang Libya: Korban Tewas Capai Ribuan Orang
Sumber gambar (REUTERS/STRINGER)

Pekalongannews, Libya - Jumlah korban tewas akibat banjir bandang yang menghantam Libya telah mencapai angka yang mencengangkan, yakni mencapai 6.000 jiwa pada hari Rabu (13/9/2023).

Informasi mengenai besarnya korban jiwa ini disampaikan oleh petinggi Kementerian Kesehatan Libya, Saadeddin Abdul Wakil,

Keadaan sangat mengerikan, dengan ribuan jasad yang menumpuk di jalanan kota Derna, yang terletak di wilayah pesisir utara Libya.

Kota ini menjadi porak-poranda akibat derasnya hujan dan kerusakan bendungan yang mengakibatkan banjir bandang melanda wilayah tersebut.

Diduga, hingga saat ini ada sekitar 10 ribu orang yang masih belum ditemukan, mereka kemungkinan hanyut terbawa banjir menuju laut atau tertimbun di bawah reruntuhan bangunan.

Sementara itu, Letnan Tarek al-Kharraz melaporkan bahwa 3.840 orang telah tewas di Kota Derna, dan sebanyak 3.190 di antaranya telah dikebumikan dengan layak. Dari korban tersebut, 400 di antaranya adalah warga negara asing, kebanyakan dari Sudan dan Mesir.

Banjir bandang yang melanda wilayah timur Libya ini terjadi pada hari Senin (11/9), sebagai dampak dari hujan deras dan badai bernama Daniel. Situasi semakin memburuk ketika bendungan di atas Kota Derna jebol, yang diprediksi akan mengakibatkan seluruh penduduk Derna terbawa arus hingga mencapai laut. Video-video yang beredar di media sosial memperlihatkan kekuatan arus yang dahsyat merusak bangunan di sepanjang jalur banjir.

Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia telah memastikan bahwa tidak ada warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban dalam bencana banjir bandang yang melanda wilayah timur Libya ini.

KBRI Tripoli mencatat bahwa terdapat 282 WNI yang tinggal di Libya, sebagian besar dari mereka berada di wilayah Libya barat. Bagi WNI di seluruh Libya yang menghadapi keadaan darurat, mereka dapat menghubungi Hotline KBRI Tripoli yang beroperasi 24 jam melalui nomor +218 94 891.

Post a Comment

 
Top