googlesyndication.com

0 Comment
Krisis Air Bersih, Komunitas Bangga Trans Dropong Air untuk Ribuan Warga Purbalingga
Foto : Kendaraan Komunitas Bangga Trans lakukan droping air bersih (Riswanto)
Pekalonganews, PURBALINGGA - Ribuan warga di wilayah Kecamatan Mrebet Purbalingga Jawa Tengah telah terdampak krisis air bersih akibat musim kemaru tahun ini.

Berdasarkan pantaun lapangan Purbalingga news, ada tiga desa terdampak yakni Desa Biting, Desa Binangun dan Desa Pengalusan.

Hingga 4 September 2023, lebih dari seribuan liter air yang di droping oleh Bangga Trans (Komunitas Kendaraan Bak Terbuka/Pick Up) Kabupaten Purbalingga, guna membantu warga terdampak.

Ketua Bangga Trans Kabupaten Purbalingga, Fajar mengatakan, suplay atau droping air bersih ini bagian dari kegiatan sosial komunitas Bangga Trans yang sudah dilakukan setiap tahun di musim kemarau.

"Kegiatan sosial ini untuk membantu masyarakat yang kekurangan air bersih yang terdampak musim kemarau panjang. Komunitas kita selalu hadir setiap tahun pada saat musim kemarau,"ungkap Fajar saat ditemui disela sela kegiatan sosialnya, Senin 4 September 2023.

Dalam sehari untuk droping air kata dia, ada sekitar puluhan kendaraan yang mendistribusikan air bersih di wilayab Desa Bitingan, Pengalusan dan Desa Binangun Kecamatan Mrebet. Itu dilakukan hingga larut malam.

Fajar menyatakan kegiatan yang dilakukanya murni kegiatan sosial atas keprihatinan melihat kondisi masyarakat yang mengalami krisis air bersih. Karena air bersih menjadi kebutuhan dasar setiap mahluk hidup.

Ia pun berharap Pemkab Purbalingga serius menangani krisis air bersih yang hampir terjadi setiap tahunya di tiga tersebut. Sehingga krisis air bersih tidak terjadi berulang dan menjadi agenda tahunan.

"Inisiatif ini murni kegiatan sosial untuk membantu warga yang kekurangan air bersih yang disebabkan karena faktor alam yaitu kemarau panjang. Namun, itu jangan jadi alasan pemerintah untuk tidak melakukan apa - apa melihat fenomena tahunan ini,"jelasnya.


Atas kepeduliannya, Fajar pun mengapresiasi semua anggota komunitas Bangga Trans yang yang sudah sangat antusias untuk gotong royong bahu membahu mendistribusikan air bersih.

"Kepedulian kita untuk membantu suatu tindakan yang sangat bermanfaat untuk masyarakat. Kita sebagai insan manusia melihat saudara kita kekurangan air rasanya tidak tega. Semoga kepedulian ini setidaknya sedikit meringankan beban hidup mereka yang terdampak krisi air bersih,"tukasnya. (Riswanto).

Post a Comment

 
Top