0 Comment
Bisnis digital semakin hari semakin booming apalagi di tengah adanya kasus Covid-19 varian Omicrion yang tinggi

Peluang Bisnis digital semakin hari semakin booming apalagi di tengah adanya kasus Covid-19 varian Omicrion yang tinggi, Berbagai bidang saat ini berlomba-lomba untuk mendigitalisasi jasa, layanan dan produk yang dimiliki. Sektor bisnis merupakan salah satu pemain lama yang sangat gencar untuk menggunakan layanan digital sebagai penunjang seluruh proses kegiatannya.

Layanan digital menjadi solusi utama untuk menggerakan proses kegiatan berbisnis. Menurut data survey yang dilakukan oleh BPS mengenai dampak pandemi terhadap pelaku usaha terdapat 14.09% usaha tutup karena regulasi dan 4.56% tutup bukan faktor regulasi. Beberapa bidang yang sangat berdampak hingga melakukan penutupan karena regulasi adalah jasa pendidikan sebanyak 32.95%, akomodasi dan Food & Beverage17.31% serta jasa perusahaan 16.30%.

Meskipun banyak sektor bisnis yang terdampak, namun tidak menghentikan transformasi bisnis digital yang terus berkembang, khususnya pada masa pandemi.

Dikarenakan mobilitas masyarakat yang terbatas, peluang bisnis digital sejak pandemi mengalami peningkatan yang tajam. masyarakat beralih kepada pola hidup yang serba digital. Dari memesan makan, berbelanja, hingga layanan jasa pembersihan rumah dan lainnya. Maka tidak mengherankan, apabila bisnis digital semakin digemari oleh seluruh kalangan.

Hasil Riset Google, Temasek dan Bain & Company 2021 yang dilansir dari Katadata, bahwa ekonomi digital Indonesia mencapai total nilai penjualan (gross merchandise value/GMV) sebesar USD 70 miliar, di mana tingkat pertumbuhan majemukanya mencapai 49% dibandingkan tahun sebelumnya. Bahkan diperkirakan pada tahun 2025, ekonomi digital Indonesia dapat mencapai USD 100 miliar pada tahun 2025. Dan sektor e-commercemenjadi pendukung utama pertumbuhan ekonomi digital Indonesia tahun 2021, dengan GMV-nya mencapai USD 53 miliar dengan CGAR sebesar 52%.

Berbagai manfaat tidak hanya dirasakan oleh pemilik usaha, namun para pembeli dan pihak-pihak yang terkait. Adapun keuntungannya, seperti produk dapat dijangkau secara luas oleh berbagai pihak, pemasaran produk lebih fleksibel dan luas, menghemat biaya sewa tempat, tidak ada waktu tertentu untuk melakukan transaksi dan lain-lainnya.

Peluang bisnis digital ditengah pandemi seperti saat ini merupakan sebuah potensi yang sangat besar untuk dibangun dan dikembangkan oleh berbagai pihak.

Post a Comment Blogger

 
Top