0 Comment
Ransomware menginfeksi perangkat komputer dengan berbagai cara
Ransomware adalah perangkat perusak yang dirancang untuk menghalangi akses kepada sistem komputer atau data dengan cara melakukan enkripsi data pengguna komputer

Ransomware menginfeksi perangkat komputer dengan berbagai cara contohnya, saat kita mengunduh software atau program di situs web berbahaya atay mencolokkan flash drive yang terinfeksi, ada juga email dengan lampiran berbahaya atau tautan ke situs berbahaya adalah sumber infeksi yang paling umum.

Kemampuan Ransomware dapat menyebar ke seluruh perangkat di jaringan yang sama.

Ada tips yang perlu kita coba untuk menghilangkan Ransomware yaitu:

1. Pisahkan perangkat yang terinfeksi

Putuskan atau memisahkan perangkat yang sudah terinfeksi dengan perangkat yang lain dengan cara melakukan pemutusan atau disconnect network drive, cloud storage, hard drive eksternal, atau flashdisk yang terhubung dengan perangkat yang terinfeksi. Hal ini perlu dilakukan sebagai bentuk penghentian atas tersebarnya ransomware supaya tidak menginfeksi perangkat lain.

2. Kenali jenis Ransomware yang menyerang

Ada beberapa jenis ransomware yang menginfeksi yaitu jenis filecoders, scareware, doxing ransomware, atau screenlockers.

3. gunakan Antivirus atau tools untuk mengapusnya

Gunakan Anti Virus atau Malware dan juga manfaatkanlah tools untuk menghapusnya.

4. Pulihkan file yang terkunci

Pulihkan file-file yang terkunci dengan memulihkan data secara pribadi atau menghubungi pihak IT security untuk membantu. Lakukan backup data, pemulihan file dapat dilakukan dengan lebih mudah. Mungkin Anda bisa mengunakan decryptor online. Salah satunya No More Ransom. Tools tersebut dapat membantu Anda mengunggah file yang terkunci supaya dapat dikembalikan.

Post a Comment Blogger

 
Top