0 Comment
 manusia butuh asupan air putih karena sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air
Tidak dipungkiri bahwa manusia butuh asupan air putih karena sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air, untuk itu konsumsi air putih nyatanya sangat dibutuhkan agar organ tubuh bisa bekerja dengan maksimal. Kurang minum air putih bisa mengakibatkan seseorang mengalami dehidrasi alias kekurangan cairan dalam tubuh.

Pada tingkat yang parah, dehidrasi bisa menimbulkan gejala berupa tubuh lemas, sakit kepala, sulit berkonsentrasi, hingga penurunan kesadaran.

Kebutuhan cairan seseorang mungkin akan berbeda dengan orang lain, tergantung pada kondisi tubuh, aktivitas yang dilakukan, hingga kondisi cuaca. Pada umumnya, orang dewasa membutuhkan 2 liter atau sekitar 8 gelas air putih setiap hari.

Selain bisa membantu memaksimalkan kinerja organ tubuh serta menghindari dehidrasi, ada manfaat yang bisa didapat dari rutin mengonsumsi air putih. Di antaranya:
  • Tubuh menjadi Sehat
Dalam mencukupi asupan air putih bisa membantu mengganti cairan tubuh sehingga terhindar dari dehidrasi yang bisa memicu berbagai gejala penyakit muncul. Rutin minum air putih bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat dan terlindung dari serangan penyakit.

  • Menghindari Obesitas
Rutin minum air putih juga bisa membantu menjaga berat badan ideal. Hal ini bisa membantu menghindari makan berlebihan juga bisa melancarkan metabolisme tubuh.

Sistem metabolisme yang lancar tentu akan membantu tubuh lebih mudah dalam mengeluarkan racun. Selain itu, air putih juga tidak mengandung kalori sehingga tidak akan membuat berat badan tubuh bertambah.

  • Kesehatan Kulit Terjaga
Kesehatan dan kecantikan kulit juga lebih terjaga saat tubuh mendapat asupan cairan yang cukup. Pasalnya, dehidrasi yang terjadi bisa memicu terjadinya keriput dan masalah pada kulit. Bahkan, jarang mengonsumsi air menyebabkan keriput pada usia muda. Rutin mengonsumsi air putih bisa membantu meningkatkan aliran darah di kulit.

  • Mengatasi Gangguan Kesehatan
asupan air putih juga bisa membantu mengatasi gangguan kesehatan tertentu, salah satunya kencing darah akibat infeksi saluran kemih ringan. karena, mengonsumsi cukup air putih bisa membantu melancarkan proses pembuangan sisa-sisa makanan dan minuman. Sisa makanan bisa keluar melalui keringat, urine, atau feses.


Post a Comment Blogger

 
Top