googlesyndication.com

0 Comment


Kota Pekalongan - Tentara Nasional Indonesia (TNI)  genap berusia 75 tahun pada 5 Oktober 2020 ini. Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) TNI secara nasional di tahun ini digelar di Istana Negara yang disiarkan live di YouTube Sekretariat Presiden. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, upacara kali ini terpaksa dilakukan secara virtual karena pandemi Covid-19. Tema yang diusung pada HUT TNI ke-75 tahun kali ini yakni Sinergi Untuk Negeri.

Jajaran Kodim 0710/Pekalongan yang dipimpin oleh Dandim 0710/Pekalongan Letkol CZI Hamonangan Lumbuan Toruan, Pemerintah Kota Pekalongan yang diwakilkan oleh Sekretaris Daerah Kota Pekalongan, Sri Ruminingsih, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Pekalongan Soesilo, Kapolres Pekalongan Kota AKBP Egy Adrian Suez, perwakilan dari Kajari Kota Pekalongan, Plt Bupati Pekalongan Arini Harimurti, Kapolres Pekalongan AKBP Aris Tri Yunarko, Sekda Kabupaten Pekalongan, Dra. Hj. Mukaromah Syakoer dan jajaran Forkompimda lainnya turut mengikuti upacara virtual dengan khitmad yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Makodim 0710/Pekalongan, Senin (5/10/2020).

Upacara diawali dengan mengheningkan cipta. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Sapta Marga. Dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden, tampak Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto didampingi tiga pimpinan matra TNI, yaitu KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa, KSAL Laksamana TNI Yudo Margono, dan KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, serta pejabat negara lainnya.

Dalam sambutan pidatonya, Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi peran TNI, khususnya di tengah pandemi Covid-19. Menurutya, TNI berperan aktif dalam mendisiplinkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan.

"Seluruh dunia, termasuk kita di Indonesia kini berkubang dalam perang melawan Covid-19. Musuh tak kasat mata, yang memorak-porandakan hampir semua tatanan kehidupan. Seluruh elemen masyarakat patut memberikan apresiasi tinggi terhadap kontribusi TNI atas berbagai perannya memerangi Covid-19. TNI membantu mendisiplinkan masyarakat mematuhi protokol kesehatan, ikut menegakkan aturan PSBB di daerah yang menerapkan, juga menjalankan operasi kemanusiaan dalam upaya menghentikan penyebaran virus Covid-19," tegas Jokowi.

Sementara itu, usai mengikuti upacara virtual, Dandim 0710/Pekalongan,  Letkol CZI Hamonangan Lumbuan Toruan mengungkapkan bahwa meskipun saat ini Indonesia khususnya Kota Pekalongan masih mengalami pandemi Covid-19, namun hal itu bukan berarti mengurangi makna HUT TNI ke-75 yang digelar secara sederhana melalui virtual. 

“Dengan adanya peringatan HUT TNI ke-75 ini bisa dijadikan momentum dalam membangkitkan kembali semangat para prajurit TNI Kodim 0710/Pekalongan agar selalu semangat dalam mengemban tugas dan mengayomi masyarakat. Selain itu, ke depan diharapkan sinergitas antara TNI,POLRI, Pemerintah dan masyarakat bisa semakin solid dan mumpuni dalam menjaga keutuhan NKRI,” terang Dandim Hamonangan.

Terpisah, Walikota Pekalongan,HM Saelany Machfudz menyampaikan selamat dan sukses atas Peringatan HUT TNI ke-75. Pihaknya berharap sinergitas antara Pemerintah, TNI dan seluruh lapisan masyarakat bisa terus terjalin dengan baik melalui sinergitas dukungan program-program pembangunan yang rutin digalakkan dalam TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

“Kita sebagai warga masyrakat dan pemerintah tidak boleh lepas bersinergi dengan  TNI sebagai penjaga keamanan bangsa. Sinergitas yang terjalin sudah banyak sekali mulai dari program pembangunan yang digalakkan lewat TMMD, dimana pemenrintah mendanai dan TNI bergerak membantu bersama rakyat dengan dukungan tenaga dan pikiran dalam proses pembangunan suatu daerah, sehingga sinergitas ini selamanya diperlukan,” tandas Saelany.


(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)

Post a Comment

 
Top