0 Comment
Kota Pekalongan - Keong sawah dalam Bahasa latinnya Pila ampullacea adalah sejenis siput yang hidup di air tawar meski sering diaanggap hama oleh para petani namun keong sawah ini memilki gizi dan protein yang tinggi. 

Bila diolah dengan benar kandungan kalsium pada keong sawah tergolong rendah akan kolesterol juga aman untuk dikomsumsi juga baik untuk kesehatan, biasanya keong sawah hanya diolah dan dimasak hanya dengan bumbu kelapa yang diberi kuah dengan sedikit rempah. 

Namun siapa sangka di tangan Marlin seorang wanita pengusaha rumah makan di Kelurahan Setono, Kota Pekalongan, Jawa Tengah ini mampu mengolah  keong sawah  menjadi kuliner kekinian yang lezat dan kaya akan varian menu yang mampu menggugah selera. 

Seperti gule keong, keong gemes, keong asam manis maupun menu lainnya yang berbahan baku menu keong sawah. 

Menurut Marlin menu kreasi keong sawah dijual termurah dengan harga Rp 10.000 dan termahal Rp 25.000,’ per porsi, harganya yang terjangkau membuat rumah makan desain keong selalu ramai terutama menjelang siang. 

“Ide dari menu keong sawah ini dari saya sendiri dan kami kreasikan sendiri,” jelasnya. 

Marlin menambahkan dalam sehari kalau pas ramai bisa menghabiskan 15 Kg untuk melayani pengunjung .selain dalam kota Pengunjung datang dari berbagai kota seperti Semarang, pemalang dan Batang. 

Salah satu pengunjung mengatakan kreasi makanan keong sawah ini jarang sekali ditemui kebanyakan kalau dikampung-kampung biasa aja, kalau disini di gule jadi bumbunya bisa meresap dan lebih enak. 

“Saya baru ini menemukan makanan olahan keong sawah ada dipekalongan selama ini,” ungkapnya 

Rasanya yang berbeda dengan olahan keong sawah lainnya membuat lidah pengunjung dimanjakan dengan menu menu yang mengugah selera apalagi olahan keong sawah yang dikombinasikan dengan keong air tawar semakin menambah kelezatannya.

Post a Comment Blogger

 
Top