0 Comment
Di Indonesia, WhatsApp telah bekerja dengan pemerintah untuk memberikan informasi dan sosialisasi covid – 19 lewat platform mereka. Sementara Twitter hadir dengan Event Page mereka yang selalu update informasi terbaru tentang covid – 19. 


Masifnya penyebaran covid – 19 disebagian besar negara di dunia, membuat beberapa perusahaan teknologi dunia turun tangan menangani kasus tersebut. 

Perusahaan teknologi dunia semacam Facebook, TikTok, WeChat, Microsoft, Twitter, Pinterest, Slack dan Giphy, berkolaborasi dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengadakan acara kolaborasi pengembangan project yang diberi nama Hackathon. 

Ini merupakan sebuah acara kolaborasi pengembangan proyek membuat perangkat lunak atau aplikasi yang bisa memberikan solusi untuk kehidupan sehari – hari. 

Mereka bekerja sama dengan WHO, karena event ini akan mengangkat tema tentang Virus Corona dimana tagarnya #BuildforCOVID19. 


Ternyata sebelum itu sudah ada yang ngajuin proposal untuk ikut event ini “Project Apollo” namanya . Ada beberapa perusahaan atau instansi yang terlibat dalam project ini, diantaranya Datasaur.ai, INACL, ITB AI Center, Mafindo, dan Prosa.ai. 


Lewat Project Apollo ini, mereka akan membuat teknologi berupa aplikasi yang bisa menangkal berita hoaks atau informasi palsu terkait covid – 19. Menerapkan teknologi Artificial Intellegence (AI), Project Apollo ini diharapkan mampu menangkal berita hoax dengan lebih terukur, akurat, tepat, dan real time. 

Mereka juga akan menghadirkan berbagai fitur – fitur canggih untuk kebutuhan global, analisis, visualisasi dan lain lain. . 

Mudah – mudahan project apollo bisa berbicara banyak di event Hackathon. Dan semoga teknologi ini bisa segera terealisasikan, jadi tidak ada lagi yang namanya berita hoax beredar di masyarakat. 


Sumber : https://www.cnbc.com/2020/03/24/facebook-microsoft-and-other-tech-companies-partner-with-who-for-coronavirus-hackathon.html
              https://devpost.com/software/project-apollo-5l709m#updates

Post a Comment Blogger

 
Top