0 Comment
Cloud Storage Penyimpanan Alternatif Pada Smartphone 

Memori atau penyimpanan pada Smartphone cepet banget penuh, padahal tidak install aplikasi atau menyimpan file-file yang besar. Smarphone sekarang sudah mempunya  ukuran memori yang besar  tetapi i tetep aja ketika pemakaian yang cukup lama, memori pada Smartphone tetap penuh.

Hal tersebut  dikarenakan banyak file sampah, cache, dan data aplikasi yang tersimpan di memori Ponsel tanpa kita sadar, belum lagi file dokumen, foto dan video yang jadi pemakan space memori paling banyak. Smarphoen sekarang, kameranya canggih-canggih, jadi kualitas foto serta video yang dihasilkan sangat bagus. Itu juga yang menyebabkan ukuran dari file tersebut menjadi besar.
Baca Juga :
Untuk masalah data sampah dan cache aplikasi sudah banyak banget cara mengatasinya Tapi bagaimana caranya agar file-file penting seperti dokumen, foto, dan video apa kita pindahin saja ke memori eksternal.

Kebanyakan Smartphone sekarang ini sudah tidak menyediakan slot memori tambahan, belum lagi ada kekurangan menggunakan memori eksternal, mulai dari sizenya yang kecil, rawan rusak, susah kalo mau mindahin atau buka file di device lain.

Untuk mengatasi hal tersebut sudah diciptain teknologi penyimpanan awan atau Cloud Storage.
Apa Itu Cloud Storage :  Cloud storage merupakan media penyimpanan data yang memanfaatkan teknologi cloud atau internet sehingga kita hanya memerlukan Ponsel pintar atau gadget dan koneksi internet untuk bisa mengoperasikannya.

Dengan adanya cloud storage, kita bisa memindahkan file-file penting dan menyimpannya di server Cloud Storage. Dengan begitu, memori di Smartphone kita bisa punya lebih banyak ruang kosong atau space kosong, hal tersebut mampu membuat performa Smartphone  kita menjadi lebih cepat dan ringan.

Ada banyak banget layanan cloud, yang dapat kita gunakan. Mulai dari yang gratis hingga berbayar. Bahkan Smartphone jaman sekarang, sudah menyediakan penyimpanan berbasis cloud secara default sesuai dengan brand/merk masing-masing. Misalnya, Mi Cloud dari Xiaomi, Samsung Cloud dari Samsung, Icloud dari Iphone/ipad, dan lain lain.

Penyimpanan Cloud Storage ada kelebihan dan kekurangannya untuk kelebihannyaadalah . File Tidak Mudah Rusak, Media Penyimpanan Tidak Mudah Rusak, Tidak memenuhi media penyimpanan fisik yang dimiliki,Bisa Diakses Dimana Saja dan Keamanan Privasi.sedangkan untuk kekurangannya adalah Membutuhkan Akses Internet, Untuk file berukuran besar, dibutuhkan kecepatan internet yang tinggi, Sulit diakses ketika server sedang mengalami traffic yang tinggi atau down.

Selain layanan Cloud gratis hingga berbayar ada juga layanan Penyimpanan Cloud Storage untuk penyimapan dokumen dan penyimpanan Foto dan Video misalnya  Goggle Drive, One  Drive, Dropbox. Mega Cloud, Google Photos, Flickr, Pinterest dan . Amazon Photos.



Post a Comment Blogger

 
Top