0 Comment
Gambar Ilustrasi
Pengguna smartphone terutama OS Android pasti tentu sudah sangat sering mendengar istilah cache . cache itu adalah tempat penyimpanan data yang sifatnya sementara.


cache itu bertugas untuk merekam semua aktivitas yang kita lakukan di aplikasi atau browser tertentu, kemudian menyimpannya di memori penyimpanan. Karena file yang harus diakses sudah tersimpan pada cache selain itu dengan adanya cache akan bisa lebih menghemat kuota internet.

Dengan menyimpan file yang sering digunakan pada sebuah aplikasi di dalam memori penyimpanan, maka pekerjaan RAM akan menjadi berkurang dikarenakan RAM hanya perlu mengakses data yang ada pada cache dan tidak perlu mengambil dari aplikasi yang bersangkutan lagi.

Pada dasarnya file cache merupakan sebuah file sampah yang secara sistematik sering digunakan sebuah aplikasi untuk mengakses data tertentu.

Untuk membersihkan file cache sebenarnya sangat mudah. cukup ke pengaturan pada smartphone , kemudian buka aplikasi yang terinstal pilih aplikasi yang ingin dibersihkan.

Dan terakhir pilih bersihkan cache.namun lebih praktis kalau menggunakan aplikasi pembersih file misalnya Nox Cleaner, Ccleaner, Speed Booster, dan Clean Master. 





Post a Comment Blogger

 
Top