0 Comment
Bidara Tanaman Herbal Yang Kaya Akan Manfaat Dalam Menjaga Kesehatan Tubuh 
Bidara ataupun widara ( Ziziphus mauritiana) merupakan tanaman kecil yang banyak tumbuh di kawasan kering. Tanaman ini terkenal pula dengan sebutan widara dara, dalam bahasa Indonesia, sedangkan di beberapa daerah di Indonesia, tanaman ini punya banyak nama misalnya rangga, bukol, atau kalangga.

Tanaman bidara mempunyai tinggi kurang lebih 5 hingga dengan 16 meter. Baik ranting dan cabangnya berjumlah cukup banyak dengan jenis daun hijau yang memiliki banyak duri.

Tanaman ini biasa tumbuh di daerah yang cenderung kering. Daun bidara mempunyai bentuk bulat sedikit lonjong dengan permukaan yang halus. Ciri khas dari daun ini adalah ada banyak duri walaupun pohonnya masih muda sekalipun, daun bidara juga mempunyai segudang manfaat dan pula khasiat dalam menjaga kesehatan tubuh Anda Dalam 100 gram daun bidara, terdapat energi (5,92 kcal), karbohidrat (17 gram), protein (0,8 gram, lemak (0,07 gram), dan air (81,6 gram).

Selain itu juga ada kandungan gula (5,4 gram), serat pangan (0.60 gram), kalsium25,6 mg (3%), fosfor26,8 mg (4%), zat besi, tiamina (vitamin B1), riboflavin (vitamin B2), niasin (vitamin B3).

Akan tetapi daun bidara juga kaya dengan kandungan kimianya dari minyaknya. Seperti metil hexadecanoate, geranyl aseton, hexadecanol, metil octadecanoate, etil octadecanoate, farnesyl aseton C.

Karena itu tanaman ini juga merupakan tanaman herbal utama untuk industri kosmetik dan perawatan kecantikan. 

Daun pada tanaman bidara kerap dijadikan sayuran, sebaliknya yang tua untuk pakan ternak. Dapat pula dengan metode membuat teh daun bidara ataupun direbus buat diminum airnya sebagai jamu ataupun untuk mandi.

Post a Comment Blogger

 
Top