0 Comment
gambar ilustrasi
Anak segalanya untuk orangtua. Setiap orangtua tentunya mengharapkan yang terbaik bagi anak-anaknya. Sejak dilahirkan kemampuan mengingat yang dimiliki anak akan terus mengalami perkembangan, serta dalam perkembangan kognitifnya menjadi salah satu bagian yang penting. Saat anak mulai sekolah, kemampuan daya ingatnya tentu dibutuhkan agar ia dapat dengan mudah mengikuti pelajaran di sekolahnya baik untuk menghafal huruf dan lain sebagainya. Selain itu, anak juga belajar mengingat tentang berbagai hal dalam kehidupan sehari-harinya. Hanya saja, setiap anak memiliki kemampuan daya ingat yang berbeda-beda. Namun, sebagai orangtua anda jangan khawatir, karena daya ingat anak bisa ditingkatkan dengan memberikannya stimulasi atau latihan. Tentunya cara ini harus orangtua pahami untuk membantu meningkatkan daya ingat anak.


Anak yang memiliki daya ingat yang kuat akan lebih cepat dalam belajar. Daya ingat itu sendiri merupakan proses dalam mempertahankan, menyimpan, serta mengingat hal-hal yang telah lampau. Daya ingat dalam jangka pendek hanya akan menyimpan fakta sekitar 5 menit. Sedangkan daya ingat jangka panjang seumur hidup. Anak akan mengingat hal-hal yang telah terjadi selama hidupnya. Dimana ingatan jangka panjang meliputi kebiasaan yang sering dilakukan seperti misalkan pengetahuan umum, kemampuan belajar, serta pengalaman pribadinya.

cara meningkatkan daya ingat jangka panjang anak seperti berikut ini.
  • Belajar Sambil Bermain
Bermain tentunya menjadi kegiatan yang disukai oleh anak-anak. Selain itu, bermain juga dapat menjadi cara meningkatkan daya ingat yang mudah dan paling anak sukai. Supaya perkembangan otak anak meningkat, anda bisa melakukan aktivitas menyenangkan bersama si kecil. Seperti misalkan mengajak anak bermain sambil belajar.
  • Mendongengkan Cerita
Saat waktu luang atau sebelum tidur anda bisa mendongengkan cerita pada anak. Dongengkan berbagai cerita yang menarik dan menyenangkan untuk si kecil. Setelah anda selesai mendongeng, anda bisa mengajak si kecil untuk mengingat kembali cerita yang anda dongengkan tadi, seperti misalkan nama tempat, nama tokoh dan lain sebagainya. Melakukan pengulangan seperti ini akan membuat anak terbiasa dalam mendengarkan, kemudian merekamnya dalam ingatan mereka.
  • Ajak Anak Bernyanyi Bersama
Untuk meningkatkan daya ingat anak, anda juga bisa mengajak anak untuk bernyanyi bersama dalam melakukan kegiatan tertentu. Untuk menambah semangat dan kegembiraan anak anda bisa mengajak anak untuk bertepuk tangan atau berjoget bersama.
  • Memancing Anak Agar Bertanya
Anda dapat memancing anak agar mau bertanya mengenai materi yang sedang dipelajari. Anda dan si kecil dapat mencari jawabannya bersama pada bukunya. Memerlukan trik untuk memancing anak supaya bertanya, terlebih lagi pertanyaan yang memiliki hubungan dengan pelajaran di sekolah.

Menemukan jawaban ketika anak mendengarkan atau membaca akan membantu meningkatkan memori mereka. Pasalnya, saat membaca anak akan memiliki tujuan yang spesifik, yakni untuk mencari jawaban dari apa yang ditanyakannya. Selain itu, setelah menemukan jawabannya yang tepat anak akan memiliki kepuasan tersendiri.
  • Belajar Menggunakan Cara yang Berbeda
Belajar dengan cara yang berbeda bisa anda coba untuk meningkatkan daya ingat anak. Belajar pada sebuah subjek dengan cara yang berbeda akan membuat belajar anak menjadi lebih berkesan. Sehingga akan membangun rangkaian sel saraf yang dapat membantu untuk mengingat, maupun mengakses informasi.
  • Membuat Contoh
Buku maupun elemen pembelajaran sebagian besar dilengkapi dengan contoh agar anak-anak bisa lebih paham. Nah, jika si kecil sudah memahaminya anda bisa mencoba meminta si kecil untuk memberikan contohnya sendiri. Apabila ia kesulitan untuk menjelaskan kata demi katanya, biarkan si kecil menggunakan contoh untuk menjelaskannya pada anda.
Menggunakan Warna

Mungkin anda semua pernah mewarnai beberapa penjelasan dengan menggunakan spidol warna warni pada buku pelajaran ketika sekolah dulu untuk mengingat materi dengan mudah. Nah, anda juga bisa menerapkan cara ini pada si kecil, sebab cara ini cukup efektif.

  • Belajar di Lingkungan yang Berbeda
Agar proses belajar anak lebih menyenangkan anda bisa membiarkan anak untuk berinteraksi dengan berbagai aspek untuk mendapatkan pengalaman langsung. Misalkan, jika anak sedang belajar tentang aneka macam binatang, anda dapat mengajaknya ke kebun binatang. Sedangkan jika anda ingin mengajarkan anak tentang tanaman, anda bisa mengajak si kecil ke kebun, biarkan ia menjelajah. Untuk mengajarkan anak tentang sejarah, maka anda bisa mengajaknya ke museum.
  • Beri Kesempatan Pada Anak Menjadi Guru
Jika anda sudah mengajarkan tentang sesuatu pada anak, untuk melatih daya ingatnya anda bisa kembali meminta anak untuk mengajarkannya pada anda, teman atau kakaknya.
  • Berikan Kesempatan Pada Anak Untuk Beristirahat
Apabila anak merasa bosan atau tertekan dengan stimulasi yang anda berikan, maka sebaiknya anak diberikan kesempatan untuk beristirahat, serta membiarkannya melakukan kegiatan yang diinginkannya namun harus dengan pengawasan.

Ajak si kecil untuk berkomunikasi dan biarkan ia mengungkapkan keinginan dan perasaannya. Setelah itu, kesepakatan bisa anda buat dengan si kecil mengenai aktivitas yang disenanginya agar bisa dilakukan bersama. Dimana aktivitas yang disenangi oleh anak tersebut dapat dimodifikasi untuk membantu daya ingat anak.
  • Ciptakan Kegiatan di Tempat yang Tenang
Untuk meningkatkan daya ingat anak, anda bisa melakukan kegiatan ataupun permainan yang dapat membantu meningkatkan daya ingatnya di tempat yang tenang sehingga perhatiannya tidak akan teralihkan.
  • Cukupi Waktu Tidur Anak
Berdasarkan sebuah studi menunjukan bahwa salah satu kunci untuk mempertahankan daya ingat yaitu dengan mencukupi waktu tidur. Pasalnya, saat tidur hal-hal penting yang telah dipelajari akan disimpan oleh otak. Oleh karena itu, anda harus memastikan si kecil mendapatkan waktu tidurnya dengan cukup. Selain waktu tidur, pastikan juga si kecil mendapatkan tidur yang berkualitas. Si kecil harus mendapatkan waktu tidur sebanyak 11 hingga 13 jam dalam setiap harinya, termasuk waktu tidur siang.
  • Perhatikan Asupan Nutrisi Anak
Selain beberapa cara di atas, untuk meningkatkan daya ingat si kecil anda harus memperhatikan asupan nutrisinya. Asupan makanan yang bergizi memiliki peran yang penting untuk membuat daya ingat si kecil semakin meningkat.

Dalam menyiapkan makanan anak, anda jangan hanya mementingkan rasa saja, tanpa memperhatikan nutrisinya. Pastikan makanan yang anda berikan untuk anak mengandung gizi yang seimbang, serta kaya akan kandungan vitamin, asam lemak esensial, asam folat, zat besi dan seng yang akan dapat membuat fungsi otak terangsang sehingga bermanfaat untuk daya ingatnya.

Post a Comment Blogger

 
Top