googlesyndication.com

0 Comment
Batang - Kepala Rutan Batang Rindra Wardhana melakukan penandatanganan kerja sama bersama Aparat Penegak Hukum (APH), yang disaksikan langsung oleh Wakil Bupati Batang Suyono, untuk mengetahui kepastian status hukum Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), di Aula Rutan Kabupaten Batang, Rabu (10/3/2021).

Beberapa pihak APH yang melakukan penandatanganan kerja sama antara lain : Pengadilan Negeri Batang, Polres Batang, Kejaksaan Negeri Batang, Kodim 0736/Batang, BNNK Batang dan Rumah Sakit ARO.

“Dalam menjalankan tugas dan fungsi di masing-masing intansi APH, tentu saling berkaitan satu sama lain. Maka kami sinergikan, supaya seiya sekata melaksanakan tugas dalam memberikan pelayanan kepada WBP semakin baik,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dia menerangkan, bentuk kerja sama yang akan dijalin di bidang keamanan dan pembinaan kepada WBP tentang wawasan kebangsaan bersama Kodim Batang, menciptakan lingkungan rutan “Zero Narkoba” baik dari peredaran, penyalahgunaan, maka perlu diantisipasi dengan menjalin kerja sama dengan BNNK Batang.

“Selain itu kerja sama dengan APH, juga untuk mengetahui kejelasan status hukum WBP,” terangnya.

Ia mengharapkan, melalui MoU ini semua instansi terkait dapat meningkatkan sinergitas dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, demi tujuan yang sama yakni memberikan pelayanan prima kepada WBP.

Sementara itu, Wakil Bupati Suyono mengatakan, sinergi yang baik sangat dibutuhkan agar tercipta kerja sama dalam membangun integritas di rutan, untuk melayani WBP secara baik.

“Tujuannya supaya ketika mereka bebas nanti, akan menjadi pribadi yang tidak minder melainkan orang yang berguna. Mereka diharapkan mampu berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi sekitarnya,” tuturnya.

Ia mengharapkan kerja sama bersama instansi APH ini luar biasa jangan hanya sebatas seremonial belaka. Tapi harus ada tindak lanjutnya dengan lompatan-lompatan dan inovasi di dalam rutan.

“Rutan bukan tempat yang menakutkan, tapi merupakan bagian dari pendadaran diri seseorang yang dihukum untuk menjadi lebih baik. Termasuk berbagai inovasi yang dicetuskan pihak rutan semuanya bertujuan untuk menciptakan WBP yang bermanfaat bagi sesama,” tandasnya


Post a Comment

 
Top