0 Comment
Blackberry (Rubus fruticosus) adalah spesies tanaman dari genus Rubus dan suku Rosaceae. Buah ini sangat cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang diet rendah karbohidrat. Satu cangkir blackberry kurang lebih memiliki kandungan 62 kalori, 1 gram lemak, dan hanya 14 gram karbohidrat.

Buah blackberry memiliki rasa manis asam dan lezat dikonsumsi langsung maupun setelah diolah menjadi berbagai makanan dan minuman. Selain itu, tahukan Anda bahwa ada sangat banyak sekali manfaat buah blackberry untuk kesehatan .

Blackberry juga memiliki kadar GI (glycemic index) yang cukup rendah serta dilengkapi dengan berbagai kandungan vitamin dan mineral. Kandungan nutrisi yang terkandung dalam blackberry antara lain seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, serat, mangan, kalsium, dan zat besi.

Buah blackberry memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang penting bagi tubuh. Hal ini menjadikan buah blackberry menjadi buah yang ideal dan sehat untuk dikonsumsi sehari-hari. Berikut adalah berbagai manfaat buah blackberry untuk tubuh!
  1. Melancarkan pencernaan = Konsumsi blackberry setiap hari dapat membantu melancarkan pencernaan. Satu cup blackberry dapat memenuhi kebutuhan serat Anda hingga 31%, jumlah ini tentunya tidak sedikit. Seperti yang kita ketahui bahwa serat merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan agar saluran pencernaan dapat berfungsi dengan baik. Konsumsi blackberry dapat menghindarkan Anda dari masalah seperti sembelit.
  2. Baik untuk penderita diabetes = Buah blackberry merupakan buah yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kandungan karbohidrat dalam blackberry cukup rendah. Selain itu, blackberry memiliki kadar GI sebanyak 25, yang merupakan angka aman untuk penderita diabetes. Kandungan serat yang tinggi dalam blackberry juga dapat membantu memperlambat penyerapan gula ke dalam darah.
  3. Mengontrol kadar kolesterol = Manfaat buah blackberry selanjutnya adalah mengontrol kadar kolesterol.Selain tidak memiliki kandungan kolesterol, blackberry juga dapat membantu memperlambat penyerapan lemak ke dalam darah. Manfaat blackberry satu ini masih berkaitan dengan kandungan serat yang tinggi di dalamnya.
  4. Membantu menurunkan berat badan = Konsumsi buah-buahan dapat membantu Anda menurunkan berat badan, tapi tentunya tidak semua jenis buah-buahan dapat membantu diet untuk menurunkan berat badan. Buah blackberry dapat menjadi salah satu pilihan terbaik untuk dikonsumsi ketika ingin menurunkan berat badan. Selain rasanya lezat dan kaya nutrisi, blackberry juga rendah kalori dan juga kaya serat sehingga baik untuk dijadikan pilihan buah ketika sedang program penurunan berat badan.
  5. Mencegah osteoporosis = Manfaat blackberry lainnya adalah dapat menjaga kesehatan tulang dan juga mencegah osteoporosis. Kandungan vitamin K sangat berperan penting dalam metabolisme tulang dan mencegah pengeroposan tulang. Buah blackberry juga memiliki kandungan mangan yang tinggi. Mineral satu ini memiliki peranan penting dalam formasi kolagen, yang merupakan protein penting penyusun tulang, kulit, hingga otot dan sendi.
  6. Menormalkan pembekuan darah =Selain bermanfaat untuk metabolisme tulang, vitamin K juga memiliki peran yang sangat penting dalam pembekuan darah.Kekurangan asupan vitamin K dapat menyebabkan beberapa masalah seperti mudah memar, pendarahan yang berat ketika menstruasi, hingga adanya darah dalam tinja dan urin. Manfaat blackberry adalah untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin K. Satu porsi blackberry mengandung 29 mcg vitamin K yang dapat memenuhi hampir sepertiga kebutuhan vitamin K harian.
  7. Menjaga kesehatan mulut = Manfaat buah blackberry lainnya yang tidak boleh dilewatkan adalah dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Dilansir dari Healthline, sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak blackberry memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi terhadap beberapa jenis bakteri yang dapat memicu penyakit mulut. Ekstrak blackberry dipercaya dapat membantu mengendalikan penyakit gusi dan gigi berlubang.
  8. Meningkatkan sistem imun tubuh = Kandungan nutrisi dan antioksidan yang tinggi dalam blackberry membuat buah satu ini dipercaya dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Kandungan vitamin C dalam buah blackberry dapat bertindak sebagai antioksidan. Selain itu, kandungan vitamin C ini juga dapat membantu mempercepat penyembuhan penyakit dan juga meningkatkan sistem imun tubuh.
  9. Baik dikonsumsi oleh ibu hamil = Buah blackberry juga merupakan salah satu buah yang aman dan cocok dikonsumsi oleh ibu hamil. Manfaat buah blackberry untuk ibu hamil adalah untuk memenuhi beberapa vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh selama masa kehamilan. Seperti yang kita ketahui, kebutuhan nutrisi ibu hamil meningkatkan karena dibutuhkan nutrisi untuk perkembangan janin. Selain mengonsumsi suplemen, ibu hamil juga disarankan untuk mengonsumsi makanan bergizi seperti buah-buahan untuk dapat memenuhi nutrisi yang dibutuhkan.
  10. Baik untuk kesehatan kulit = Manfaat buah blackberry yang terakhir adalah menjaga kesehatan kulit. Salah satu manfaat blackberry untuk wajah adalah dapat membantu mencegah kerutan. Antioksidan dalam blackberry dapat membantu melawan radikal bebas yang memang merupakan salah satu penyebab utama penuaan dini.
Sebelumnya sudah disebutkan juga bahwa blackberry memiliki kandungan nutrisi yang memiliki peran dalam pembentukan kolagen. Keberadaan kolagen ini sangat penting untuk menjaga kekencangan dan elastisitas kulit.


Post a Comment Blogger

 
Top