0 Comment


Pekalongan - Para penggemar burung berkicau tentunya ingin burung kesayanganya tetap sehat dan selalu moncer saat dibawa ke perlombaan, namun pada umumnya mereka hanya memainkan pudding pada makanan nya saja artinya kurang memperhatikan asupan puding yang di makan burung tersebut seperti apa?

Nah..dengan dasar tersebut,  kini sekolah khusus burung murai batu Prospek Murai Pekalongan yang di asuh oleh Ananda Catur Pamungkas yang beralamatkan di Perum Pisma, Kelurahan Kemplong, kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan jawa Tengah ini membuat inovasi dan terobosan dengan membuat makanan yang dimakan oleh jangkrik, ulat hongkong dan ulat kandang sebagai pudding burung menjadi lebih sehat dan tentunya akan sangat berpengaruh dengan kondisi burung yang memakan makanannya tersebut.

Melalui riset yang sudah dilakukannya sendiri, kini Ananda Catur Pamungkas membuat makanan untuk dimakan seperti jangkrik, ulat hongkong dan ¹ulat kandang dengan bahan dari rempah-rempah dimana sangat bagus untuk menjaga kondisi kesehatan serta stamina burung sehingga tidak mudah sakit dan loyo.

" Awalnya saya berfikir bagaimana meningkatkan mutu asupan gizi yang dimakan oleh burung-burung ini agar kondisinya selalu fit dan sehat terhadap berbagai macam musim yang ekstrim sekalipun. Dan jadilah pakan makanan untuk yang dimakan oleh burung-burung ini",jelas Ananda.

Jadi prosesnya adalah dengan memberikan makanan rempah-rempah tersebut kepada jangkrik dan ulat hongkong maupun ulat kandang dengan demikian nantinnya apa yang dimakan oleh burung juga tidak terlepas dari asupan makanan yang di makan oleh jangkrik dan ulat tersebut yang menjadikan burung-burung bisa menjadi sehat dan akan lebih kuat terhadap serangan penyakit.

Dengan penelitian dan uji coba yang sudah dilakukan beberapa bulan di sekolahnya, akhirnya pakan-pakan untuk makanan burung itu, kini sudah dipasarkan di beberapa tempat di wilayah Kabupaten Pekalongan maupun Kota pekalongan serta kabupaten Pemalang dan batang.(Rus)


Post a Comment Blogger

 
Top